Seminar Penyusunan Laporan Keuangan UMKM sesuai SAK EMKM di UMY

SAK EMKM resmi diberlakukan mulai 1 januari 2018,. Pedoman ini disiapkan untuk membantu UMKM di Indonesia dalam menyusun Laporan Keuangan dengan tepat dan tanpa ada kerumitan, demi terwujudya UMKM Indonesia yang maju, mandiri dan modern.

Dari latar belakang tersebut, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan Workshop dengan tema “Overview Penerapan SAK EMKM dan Aspek Perpajakannya bagi akuntabilitas Keuangan UMKM” di gedung Ampiteater KH IBRAHIM E6 UMY. Acara yang berlangsung pada hari jumat, 23 februari 2018 dari jam 08.00 – 16.00 WIB ini diikuti oleh banyak peserta dari kalangan mahasiswa.

Bapak Rudy Suryanto,  selaku Senior Consultant Syncore Colsulting menjadi salah satu pemateri pada workshop ini . beliau menyampaikan materi “Penyusunan Laporan Keuangan UMKM sesuai SAK EMKM”. Ada 5 hal yang disampaikan oleh Bapak Rudy yaitu Literasi Keuangan, Pemahaman Bisnis, Pemahaman Akuntansi, Pemahaman Keuangan dan Pemahaman Laporan Keuangan. Acara berlangsung dengan santai, para peserta pun juga antusias dengan materi yang disampaikan.

 

Setelah materi disampaikan oleh Bapak Rudy, kemudian dilanjutkan dengan showing penggunaan aplikasi SIAPIK untuk pencatatan keuangan UMKM, aplikasi ini dengan asumsi bahwa UMKM menggunakan dasar akrual.

Sesi pertama diakhiri dengan showing pengelolaan keuangan UMKM dengan menggunakan aplikasi kuitansi.com yang dimulai dari input profil UMKM, membuat daftar pelanggan, daftar pemasok, input saldo awal, input penerimaan, input pengeluaran, posting sampai menunjukkan cara untuk menampilkan laporan keuangan pada aplikasi.

Proses input data didampingi oleh pendamping dari tim reguler Syncore. Penggunaan aplikasi ini memudahkan bagi para pengelola karena berbasis online sehingga untuk penggunaannya tidak hanya satu orang saja yang bisa mengerjakan, tetapi lebih dari satu orang.