Mengapa Perlu Pengelolaan Keuangan Pada UMKM ?

Syncoreconsulting.com – Di dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia, tercatat bahwa Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami pertumbuhan lebih cepat dibanding dengan industri ataupun perusahaan-perusahaan besar. Karena UMKM rata-rata suatu usaha yang terbanyak dikelola dengan manajemen seadanyanya menurut kondisi permodalan terbatas, sehingga produk/jualannya dengan sendirinya rentan apabila perekonomian mengalami kegoncangan.

UMKM memiliki peran yang cukup strategis dalam memerangi kemiskinan dan pengangguran yang ada di Indonesia. Presiden Jokowi menyatakan UMKM yang memiliki daya tahan tinggi akan mampu untuk menopang perekonomian negara, bahkan saat terjadi krisis global. Sekitar 88,8-99,9% bentuk usaha di ASEAN adalah UMKM dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 51,7-97,2%. Oleh karena itu, kerjasama untuk pengembangan dan ketahanan UMKM perlu diutamakan.

Namun, kurang baiknya suatu UMKM dalam mengelola keuangan seringkali mengakibatkan tumbangnya unit usaha tersebut. Kesadaran dalam pengelolaan keuangan lebih penting daripada kepentingan pasar semata. Selain mempunyai keuntungan yang menjanjikan, diperlukan juga manajemen keuangan yang sehat.

Pelatihan pengelolaan keuangan pada pelaku UMKM sangat diperlukan. Dengan sistem pengelolaan yang baik, usaha akan dapat berjalan lancar, terhindar dari utang yang menyebabkan suatu usaha tidak bertahan lama.

suasana pelatihan ToT Pendamping UMKM

SYNCORE memberikan solusi untuk memecahkan kebutuhan dan permasalahan UMKM secara spesifik antara lain Penyusunan Business Plan / Rencana Strategis, Penyusunan Struktur Organisasi dan Tata Kelola, Penyusunan SOP Keuangan serta Pelatihan Aplikatif sesuai dengan tema UMKM.

Melalui output pelatihan tersebut, UMKM diharapkan bisa beroperasi berdasarkan sebuah system. Dengan system, akan memudahkan suatu usaha dalam hal pengawasan dan pengembangan. UMKM dapat mengembangkan bisnisnya dengan membuka beberapa cabang dengan pengawasan yang lebih mudah.