SYNCORE BLUD, Permudah Penyusunan Laporan Keuangan SAK

Syncoreconsulting – Rumah sakit umum daerah merupakan badan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tak khayal rumah sakit menjadi tempat rujukan bagi masyarakat, terutama yang berdomisili di daerah tersebut ketika anggota keluarga mereka menderita sakit. pelayanan rumah sakit secara optimal tentu hal yang wajar diinginkan oleh pihak-pihak yang berobat.

Penyediaan infrastruktur berupa SDM, peralatan maupun sarana dan prasarana yang memadai perlu dilakukan pihak rumah sakit. hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan secara maksimal.

Pengembangan rumah sakit umum daerah sangat dipengaruhi oleh berbagai tuntutan yang berujung pada kepuasan pasien. Tuntutan itu antara lain pelayanan yang bermutu dan tentunya biaya pelayanan kesehatan yang terjangkau. Pengendalian biaya termasuk dalam masalah yang kompleks karena dipengaruhi oleh mekanisme pasar, tindakan ekonomis serta SDM yang dimiliki.
Penerapan pengelolaan keuangan BLUD dapat dijadikan solusi untuk pengendalian biaya demi tercapainya perbaikan infrastruktur pada rumah sakit.


Dengan terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2007 tentang Pedoman teknis pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah serta diperkuat dengan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit mengharuskan Pemerintah Daerah supaya manajemen Rumah Sakit menganut pola Penerapan Pengelolaan Keuangan BLUD dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Perlunya kesiapan daerah untuk menyambut regulasi tersebut.

Pelaporan keuangan harus mengacu pada standar akuntansi yang berlaku, sehingga tidak bisa lagi mencatat dan melaporkan keuangan dalam format anggaran dan realisasi anggaran seperti waktu-waktu sebelumnya. Penerapan BLUD pada rumah sakit menjadikan mereka memiliki kinerja tinggi serta surplus keuangan yang luar biasa. Namun, pengendalian internal harus tetap terjaga melalui sistem keuangan yang kuat.

Pelatihan penyusunan laporan keuangan SAK menggunakan software Syncore BLUD di RSUD Selasih

SYNCORE telah mengembangkan Sistem Akuntansi atau Software yang bernama SYNCORE RS-G yang dapat menghasilkan Laporan Posisi Keuangan, Aktivitas, Arus Kas, Catatan Laporan Keuangan, Lampiran Realisasi Anggaran, Lampiran Rasio Keuangan. Beberapa laporan tersebut telah sesuai dengan SK Menteri Kesehatan No. 1981.

Software tersebut mampu menarik data (bridging) dari billing system yang sudah ada, sehingga rumah sakit tidak perlu mengganti software yang telah digunakan. Selain itu Syncore juga menawarkan pelatihan yang akan mengupas beberapa materi tentang PPK-BLUD pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Masyarakat tentunya sangat berharap dengan terbitnya UU Nomor 44 Tahun 2009 dapat menjadikan manajemen RSUD lebih baik. Semoga Rumah Sakit berstatus PPK-BLUD menjadi lebih profesional dalam pelayanan terutama bagi masyarakat yang berdomisil di daerah RSUD tertentu.