Semangat Peserta Menjejaki Hari Ketiga Workshop Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) BLUD Puskesmas Kabupaten Karawang

Syncoreconsulting.com – `Mensana in Corporesano` memiliki arti ‘Di Dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat’. Pepatah berbahasa latin tersebut sudah dikenal oleh banyak orang sejak lama. dan memang benar adanya, orang yang rutin berolahraga akan memiliki tubuh yang sehat/bugar dan terjaga kesehatannya, sehingga mereka dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik dan bersemangat. Para peserta Workshop Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) BLUD yang berlokasi di Hotel TARA Yogyakarta terlihat antusias untuk melakukan senam pagi pada Rabu, 11 April 2018. Melalui senam ini, diharapkan dapat membakar semangat para peserta sebelum memasuki ruang pelatihan.

Hari ketiga, peserta Workshop Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) BLUD Puskesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang belajar praktik penerimaan dan pengeluaran, penyusunan laporan SAK, serta evaluasi kerja. Untuk sesi pertama hari ini peserta masih melakukan praktik penerimaan dan pengeluaran yang merupakan lanjutan dari hari sebelumnya, yang mana konsep penerimaan maupun pengeluaran sudah dipaparkan oleh Niza Wibyana Tito, M.Kom., MM.

Dalam melakukan input data di software kali ini, peserta diarahkan oleh Putri, konsultan Tim Blud.co.id. Seringkali peserta melontarkan pertanyaan kepada para pendamping dari Blud.co.id, dan pada saat itu juga, pendamping mendatangi serta menuntun peserta dalam melakukan input data pada software.

Data yang menjadi input penerimaan meliputi BKM Tunai/Non Tunai, Klaim Tahun Lalu, Klaim piutang, BKM Klaim piutang, Hibah uang, Hibah barang, BKM APBD/APPBN, STS. Dari data yang diinput tersebut, akan menghasilkan report berupa BKU, LAP (SPTJ rincian realisasi SP3B).

Sedangkan untuk input pengeluaran mencakup SPP-UP, SPP-UP Approval, SPM-UP, SPM-UP Approval, SP2D-UP, BKK UP/GU, Input pajak, Pembayaran Potongan, BKK Non OP. Dari input pengeluaran tadi, juga menghasilkan BKU, LAP (SPTJ rincian realisasi SP3B).

Putri, Konsultan BLUD Tim Blud.co.id

Penyusunan Laporan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) menjadi materi selanjutnya setelah praktik peneriman dan pengeluaran usai. Niza Wibyana Tito menyampaikan beberapa langkah dalam membuat laporan SAK yang berbasis akrual. Langkah tersebut diantaranya adalah 1. Penerimaan, (uang masuk), 2. Pengeluaran (uang keluar), 3. Kas dan bank, 4. Piutang, 5. Hutang, 6. Persediaan, 7. Aset. Dari langkah tersebut akan mempermudah dalam menyusun sebuah laporan SAK.

Pada sesi terakhir, yaitu evaluasi para pendamping melakukan pemeriksaan kepada masing-masing peserta untuk mengetahui seberapa paham peserta dengan materi yang disampaikan terkait beberapa hal dalam materi. Peserta diberi keleluasaan untuk mengajukan pertanyaan perihal materi yang belum dipahami.

Niza Wibyana Tito, M.Kom., MM, Konsultan BLUD

“harus ada sinkronisasi antara BLUD dan pemda dalam hal anggaran, karena kita hanya menganggarkan modal. Kendala adalah SDM, minimal puskesmas harus memiliki tenaga ahli akuntansi. Jika sudah mempunyai tenaga akuntansi, dokter maupun perangkat lainnya bisa menjalankan tugas pelayanan dengan maksimal”, pungkas Tito di penghujung acara.

Sesi evaluasi dan rencana tindak lanjut menjadi materi penutup sekaligus menjadi akhir dari Workshop Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) BLUD Puskesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang yang telah berlangsung selama 3 hari. Melalui pelatihan ini, semoga ilmu yang didapatkan dapat diterapkan peserta di Puskesmas masing-masing.

dr. Dedy Fery Rahman, Kepala Puskesmas Cikampek, Karawang

“kami diberikan software yang sangat membantu pengelolaan keuangan puskesmas karena selama ini kami masih manual yang membuat kami bingung. Sekarang dengan bantuan dari syncore, melalui aplikasi tersebut, secara teratur bisa kami aplikasikan dan lebih mudah, praktis dan efisien serta lebih terdata. kedepannya, kami ingin ada penguatan dan kebersamaan melalui pendampingan untuk menghadapi konsep yang baru kami terima ini terutama peralihan dari puskesmas non BLUD menjadi BLUD”, kesan Dedy Fery Rahman selaku Dokter sekaligus Kepala Puskesmas Cikampek.