106 Pengurus Dinkes & Puskesmas Kab. Karawang Angkatan ke-2 Mengikuti Workshop Pola Pengelolaan Keuangan BLUD Bersama BLUD.co.id

“BLUD itu, kelolalah seperti bisnis”

Syncoreconsulting.com –Yogyakarta dipilih menjadi kota terselenggaranya pelatihan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD) pada Senin, (16/4/2018). Tiba di kota Gudeg pada hari Minggu, pukul 16.30 WIB dengan seluruh peserta disambut senyum hangat oleh tim Syncore Training Center (STC). Dari Stasiun Tugu seluruh peserta diarahkan menuju Bus yang telah dipersiapkan menuju Hotel Tara Yogyakarta. Hotel bintang 4 yang berada di Jalan Magelang tersebut menjadi lokasi terselenggaranya workshop PPK BLUD oleh BLUD.co.id.

Workshop PPK BLUD angkatan ke-2 ini dijadwalkan akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 16-18 April 2018. Sebelumnya telah berlangsung workhshop serupa yang diikuti 27 Puskesmas dan Dinkes Kab. Karawang pada.9-11 April 2018.

Pada hari pertama, Workhsop dibuka dengan doa bersama lalu dilanjut sesi foto seluruh peserta pelatihan. Setelah itu seluruh peserta membawakan lagu Indonesia Raya dan Mars Hidup Sehat  yang dinyanyikan dengan penuh khitmat.

Sebelum mulai pada materi pertama, workshop PPK BLUD dibuka dengan sambutan dari Niza Wibyana Tito, M.Kom., MM. selaku Direktur Syncore Indonesia dan konsultan keuangan BLUD. Sedangkan dari pihak peserta, terdapat sambutan dari Kepala Dinkes Kab. Karawang dr. Yuska Yasin, MM.

Baca juga: Belajar BLUD, Puskesmas Kabupaten Karawang Beranjak ke Daerah Istimewa Yogyakarta

Tok…! Tok…! Tok…! Palu diketuk oleh dr. Yuska sebagai tanda sambutan telah usai sekaligus menegaskan bahwa  seluruh peserta telah siap menerima materi  workshop pada hari pertama ini.

Per 1 Maret 2018, Seluruh Puskesmas di Kab. Karawang resmi ditetapkan pemerintah dari Non BLUD menjadi BLUD. Dengan semangat belajar tinggi untuk memahami Pengelolaan BLUD, Karawang – Jogja pun bukan menjadi kendala berarti.

Ir. Bejo Mulyono. MML

Ir. Bejo Mulyono. MML, adalah narasumber pertama yang akan membawakan materi Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD). Diawali dari pengertian apa itu BLUD, lalu mengapa harus BLUD, dan bagaimana cara mengelolanya? Dan berbagai permasalahan krusial yang mana seluruh peserta harus benar-benar paham sebelum terjun menjalankan BLUD.

Baca Juga: Universitas Negeri Gorontalo: Terus Memantapkan Diri dalam Pola Pengelolaan BLU Berbasis Good University Governance

“Kelolalah BLUD itu seperti bisnis,” ungkap Bejo dalam sesi materi yang ia bawakan. Sebagai BLUD tentu kita paham bahwa pengelolaannya harus terstandar dan berbeda dengan SKPD yang lain. Orientasi utama tetap harus memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat luas. Bejo mlanjutkan, yang dimaksud mengelola BLUD seperti bisnis yakni, “BLUD itu bukan mencari untung, tapi kelolalah secara bisnis, apa itu? Efisien,dalam bekerja dan hasil maksimal kalau bisa dikerjakan satu orang mengapa harus dua?,” katanya.

Seluruh Peserta Workshop PPK BLUD sedang foto bersama

Indikator keberhasilan BLUD tidak bisa dibuktikan dengan tingginya penghasilan. Karena misi utama BLUD adalah memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat. Dalam satu kesempatan, Bejo menceritakan, “Kalau indikator kesuksesan BLUD dilihat dari penghasilannya, artinya semakin hari semakin banyak dong orang yang sakit? Artinya gagal dong dinas kesehatan mengendalikan dan mengontrol keshatan masyarakat?,” paparnya diikuti tawa para peserta.

BLUD memiliki fleksinbilitas dalam hal penglolaanya, hal ini dilakukan untuk menunjang misi utama yakni memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Jangan sampai regulasi yang ada mejadi penghalang dalam melayani masyarakat. “BLUD itu seperti mobil Ambulan ditengah jalanan, dengan keistimerwaanya dia bisa terus berjalan meskipun sedang lampu merah (lampu merah disini seperti Permendagri atau Perpres tertentu),” ungkap Bejo menganalogikan.

Baca juga: Keterkaitan Standar Pelayanan Minimal dan Rencana Strategis Bisnis pada BLUD

Sesi materi usai, dilanjut dengan sharing dan Tanya-jawab Antara pemateri dengan peserta. Cukup banyak pertanyaan pada siang itu, karena memang komitmen dari BLUD.co.id untuk memberikan workshop yang berkualitas. Pemahaman seluruh peserta akan materi yang diberikan menjadi tanggung jawab Syncore Training Center dan BLUD.co.id sebagai bentuk customer satisfaction selaku penyelenggara.

Sesi Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) berakhir pukul 12.00 wib dengan dilanjut istirahat dan makan siang. Usai istirahat peserta akan diajak pada sesi materi berikutnya.