Kementerian Perdagangan Hadirkan Layanan Perlindungan Konsumen Via Online

Syncoreconsulting.com – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, menghadiri peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) hari ini, Rabu (24/4) di Kota Pangkal Pinang, Provinsi Kepualauan Bangka Belitung. Bersamaan dengan perayaan itu, Kemendag me-launching portal nasional yang bisa di akses di www.konsumen-indonesia.go.id.

Fitur Informasi pada portal tersebut memuat regulasi, berita, dan publikasi terkait penyelenggaraan perlindungan konsumen di Indonesia khususnya meliputi 9 (sembilan) sektor prioritas.

Menurut Mendag seperti dikutip dari siaran pers, portal nasional ini berlandasakan Peraturan Presiden Nomor 50 Tahun 2017 tentang Strategi Nasional Perlindungan Konsumen (Stranas-PK). Cakupan Stranas-PK, meliputi tiga pilar, yaitu peningkatan peran pemerintah, peningkatan keberdayaan konsumen, dan peningkatan kepatuhan pelaku usaha dengan melibatkan kementerian/lembaga di sektor terkait.

Baca juga: Kemenkop dan UKM Berharap Perkoperasian Menjadi Materi Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Negeri

Kesembilang sektor meliputi: barang elektronik, telematika dan kendaraan bermotor, serta transaksi perdagangan melalui sistem elektronik (e-commerce); sektor obat dan makanan; sektor sistem pembayaran; sektor jasa keuangan meliputi asuransi dan lembaga pembiayaan; sektor jasa transportasi; sektor listrik dan gas rumah tangga; sektor jasa telekomunikasi meliputi jasa teleponi dasar dan jasa akses internet; sektor jasa layanan kesehatan; dan sektor perumahan.

“Dengan portal nasional ini diharapkan dapat tersedia media yang terintegrasi bagi konsumen dalam memperoleh informasi dan menyampaikan pengaduan terkait perlindungan konsumen yang tersebar di berbagai sektor,” tutur Mendag.

Baca juga: Kominfo: Ayo! Pegiat UMKM Jualan Online

Dengan hadirnya Portal Nasional Perlindungan Konsumen dimaksudkan untuk meningkatkan keberdayaan konsumen, serta mewujudkan perlindungan konsumen yang sinergis dan terintegrasi bagi kementerian/lembaga dan pemangku kepentingan, sesuai arah kebijakan dan strategi pembangunan pemerintah.

“Konsumen Cerdas di Era Ekonomi Digital” dipilih menjadi tema pada peringatan Harkonas pada tahun ini. Peringatan Harkonas sendiri ditetapkan berdasar pada Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012. Tema pada tahun ini sesuai dengan gambaran yang ada ditengah masyarakat sekarang. Pola transaksi daring mulai banyak digunakan, ditandai dengan merebaknya marketplace/ toko online.

Baca juga: Bagaimana Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Menyambut Gegap Gempita Making Indonesia 4.0?

Peringatan Harkonas ini digelar selama tiga hari, 22-24 April 2018. Provinsi Bangka Belitung dipilih sebagai tempat pusat peringatan Harkonas dikarenakan Provinsi ini dinobatkan sebagai salah satu Provinsi Peduli Perlindungan Konsumen pada tahun 2016. Melalui acara ini Mendag berharap masyarakat semakin paham dan sadar akan hak-haknya sebagai konsumen dan semakin bertekad untuk menjadi konsumen cerdas.

One Reply to “Kementerian Perdagangan Hadirkan Layanan Perlindungan Konsumen Via Online”

Comments are closed.