International Conference on Accounting and Finance 2018: Syncore Indonesia Hadirkan Software e-SPI sebagai Solusi

Syncoreconsulting.com – International Conference on Accounting and Finance (ICAF), sebuah konferensi yang membahas peran dan profesi akuntansi kembali diselenggarakan di Yogyakarta. Acara yang telah berlangsung ke-4 ini diselenggarakan oleh Prodi Akuntansi FE Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang didukung Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) dan Asosiasi Program Studi Akuntansi (APSA).

Selaku panitia penyelenggara, Hafiez Sofyan, SE., MSc., menyebutkan salah satu pokok pemikiran pada acara ini yakni perpaduan teknologi dan pemanfaatannya dibidang akuntansi. Revolusi Industri 4.0 yang baru-baru ini diinformasikan oleh pemerintah nampaknya sudah membawa perubahan dibergai lini kehidupan. Diakui Hafiez, sekarang sudah banyak software atau piranti lunak yang dapat melakukan aktivitas akuntansi dari segi keuangan ataupun manajemen.

Baca juga: Jokowi: Revolusi Industri 4.0 Adalah Peluang Baru Bagi Industri Otomotif Nasional

Penyelenggaraan 4th ICAF berlangsung di UMY pada tanggal 25-26 April 2018. Meskipun bertempat di Yogyakarta, terdapat beberapa Universitas lain yang turut memberi support seperti, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Palop, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSida), dan Universitas Aisyiyah (Unisa). Dalam konferensi ini juga berlangsung kesepakatan kerjasama (MoU) antara prodi Akuntansi UMY dengan Istanbul Medeniyet University, Turki.

Kemajuan dan perubahan, akan selalu membersamai pro dan kontra. Hafiez menyampaikan terkait revolusi industri, akan membawa kemajuan sekaligus ancaman, tantangan dan juga peluang bagi profesi Akuntansi. “Ancaman ketika profesi akuntan ini tidak punya kompetensi untuk bersaing atau menjadi lebih baik dengan adanya kemajuan ini,” katanya.

Baca juga: Kementerian Perdagangan Hadirkan Layanan Perlindungan Konsumen Via Online

Dilain sisi, Hafiez mengungkapkan, kemajuan tersebut juga menjadi tantangan bagi pendidik maupun pelaku aktivitas akuntansi dalam merumuskan bekal pelajaran untuk mengimbangi perubahan zaman dengan menciptakan kompetensi yang sesuai.

Software Teknologi Akuntansi sebagai Solusi

Perkembangan teknologi informasi yang melaju kencang memberi angin segar diberbagai sisi. Tidak ketinggalan bidang akuntansi turut menikmati manisnya ‘buah’ teknologi informasi ini. Masih dalam suasana 4th ICAF, PT Syncore Indonesia turut menghadiri acara yang digelar selama dua hari tersebut.

Perusahaan yang bergerak dibidang teknologi akuntansi ini sigap dalam mengikuti berbagai isu ataupun berita perihal kemajuan industri. Rudy Suryanto, SE., M.Acc., Ak., CA., selaku senior partner PT Syncore Indonesia turut hadir menjadi pembicara dalam konferensi tersebut. Salah satu pembahasan dalam sesi presentasi yang dibawakan Rudy, yakni membahas tentang piranti lunak hasil karya Syncore Indonesia. Ia membawakan presentasi dengan tema, “Praktikum Audit Berbasis IT.”

Baca juga: Kemenkop dan UKM Berharap Perkoperasian Menjadi Materi Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Negeri

Software untuk mempermudah pengelolaan keuangan tersebut diberi nama e-SPI. Dalam sesi wawancara dengan media, Yudha Ariestra, S.Kom, selaku programer Syncore Indonesia bercerita, “Software e-SPI adalah software yang dapat membantu auditor dalam menyarankan bentuk-bentuk pengujian substantif, analitis dan uji pengendalian yang harus diambil dalam suatu tingkat risiko tertentu. Kombinasi dari berbagai bentuk pengujian tersebut diharapkan akan dapat menurunkan tingkat risiko ke tingkat yang dapat diterima,” ungkapnya.

Dalam presentasinya, Rudy menjelaskan pengunaan software aplikasi e-SPI yang dapat digunakan untuk mempermudah mahasiswa dalam melakukan audit. Slide demi slide presentasi dibawakannya dengan memberi ilustrasi kemudahan proses penggunaan software  e-SPI.

Presentasi tersebut dibawakan bersama Ryzfianto, A.Md., selaku teknisi piranti lunak Syncore Indonesia. Dalam sesi wawancara kepada media ia berbicara, “Aplikasi ini telah kami kembangkan dan akan selalu kami lakukan perbaikan terus-menerus sesuai dengan kebutuhan dan up to date dengan perkembangan zaman,” pungkasnya.