Dengan Business Plan, Aktivitas Bisnis Lebih Terarah

Syncoreconsulting.com – Di era sekarang, dimana kondisi bisnis berjalan tak menentu. Perencanaan bisnis yang matang sangat diperlukan untuk memperoleh hasil yang sesuai harapan. Perencanaan bisnis merupakan acuan yang digunakan sebagai dasar perhitungan dalam pengembangan bisnis. Penyusunan rencana bisnis yang tepat dapat mempermudah langkah dalam mengambil keputusan dikarenakan kita telah mengetahui strategi, target, serta positioning kita yang berada ditengah persaingan bisnis dan tak kalah penting cara untuk mencapai apa yang telah diharapkan.

Adapun tujuan dibuatnya Business Plan (Rencana Bisnis) ialah untuk mempertajam rencana-rencana yang telah ditetapkan, mengetahui arah dan tujuan perusahaan. Suatu perusahaan menggunakan Business Plan sebagai cara untuk mencapai sasaran yang sesuai dengan target. Selain itu, Perencanaan Bisnis tersebut dapat berfungsi sebagai alat untuk mencari laba dari pihak ketiga seperti investor, bank atau lainnya.

Menurut Lewis, dalam buku “Business Plan” karya Freddy Rangkuti, rencana yang bersifat strategis menjadi prasyarat untuk memenangkan persaingan. Persoalannya terletak pada cara bersaing dan faktor-faktor yang menentukan persaingan. Faktor penentu persaingan itu diantaranya: faktor sensitivitas harga dan faktor product mystique (persepsi berbeda yang ditawarkan oleh pesaing).

Terdapat beberapa manfaat atau fungsi business plan, berikut ini adalah manfaat business plan yang perlu diketahui pentingnya business plan:

Mengawali Sebuah Bisnis atau Usaha

Perancangan strategi dan rencana awal bisnis merupakan fungsi dari Bussiness Plan. Melalui perencanaan atau rancangan bisnis, akan membantu sebuah bisnis dalam berkembang. Oleh karena itu, seorang wirausaha perlu menyusun sebuah rencana bisnis agar bisnis yang dijalankan lebih terarah dan terorientasi dengan benar sehingga dapat mencapai target sesuai harapan.

Baca juga: Dengan Feasibility Study, Rumah Sakit Pertegas Langkah Ke Depan

Mencari Sumber Dana

Selain untuk merancang strategi, penyusunan rencana bisnis yang cermat dan tepat memiliki manfaat untuk mendatangkan pihak ketika seperti investor, bank atau yang lainnya yang akan membantu bisnis yang dijalankan. Dalam arti, rencana bisnis yang telah dibuat dapat menjadi semacam proposal atau pelengkap proposal yang akan membantu mendapatkan modal bisnis.

Bisnis Lebih Fokus dan Terarah

Business plan atau rencana dan rancangan bisnis perlu disusun agar dapat menentukan jenis bisnis, modal, strategi bisnis serta jenis pemasaran yang akan digunakan. Jadi, bisnis akan lebih fokus dan terarah.

Memprediksi Masa Depan

Dalam menyusun rencana bisnis, akan terlihat gambaran jangka pendek, menengah dan panjang bagi bisnis yang akan dijalankan. Maka dari itu, masa depan bisnis yang akan dijalankan bisa diprediksi melalui business plan.

Menaikkan Level Bisnis

Business plan juga dapat menaikkan level bisnis yang sedang dijalankan. Seorang pebisnis mempunyai motivasi yang besar untuk menjalankan usaha mereka karena sebelumnya rencana dan rancangan bisnis telah disusun dengan baik.

Baca juga: Kerja Sama Rumah Sakit Onkologi Solo dengan Syncore dalam Penyusunan Master Plan dan Feasibility Study

Wibisono Adi, Leader Strategic Management Consulting (SMC) Syncore, mengungkapkan bahwa Business Plan kurang lebih memiliki persamaan dengan RSB (Rencana Strategi Bisnis). Sedangkan Business Plan memiliki perbedaan dengan master plan yang memuat proyeksi bangunan atau mengolah lahan kosong menjadi sebuah tempat aktivitas bisnis.

“Bisnis plan lebih mengacu pada prospek bisnis ke depan. Perencanaan bisnis mencakup diantaranya strategi pemasaran baik melalui website, sebar brosur atau mencari sumber dana melalui kerjasama dengan pihak ketiga,” pungkasnya.

Business plan diperlukan bagi pemain bisnis sebelum menjalankan aktivitas usahanya. Melalui perencanaan bisnis tersebut, diharapkan bisnis dapat dijalankan lebih terarah dan terorientasi dengan benar. Di sisi lain, Business plan dibutuhkan untuk memperhitungkan aspek-aspek tertentu pada masa yang akan datang demi menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat.

Download Pedoman Penyusunan Business Plan disini