Sinergi Syncore dan Bank Indonesia dalam Pengembangan UMKM

Syncoreconsulting.com – Dalam rangka pengembangan UMKM, Bank Indonesia Yogyakarta melakukan kerjasama dengan Syncore. Bentuk dari kolaborasi ini berupa penyelengaraan pelatihan SiAPIK kepada para pelaku UMKM. SiAPIK sendiri merupakan sebuah platform pencatatan arus kas berbasis android yang dirancang untuk mempermudah UMKM dalam melakukan pencatatan keuangan.

Kamis, 17 Mei 2018, Bank Indonesia DIY dan Syncore menggelar “Rapat Pengembangan Coaching System SiAPIK” yang bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY. Rapat tersebut, membahas mengenai pendampingan terkait dengan pemanfaatan SiAPIK dan upaya peningkatannya dari tahun lalu.

Siang itu, rapat yang dilakukan selama kurang lebih 2 jam menghasilkan beberapa hal; pelatihan dan pendampingan SiAPIK akan diselenggarakan pada pertengahan tahun 2018. Selain itu dalam hal Campaign tentang program SiAPIK perlu digencarkan. Syncore akan menempuh jalan multimedia melalui video grafis untuk menarik perhatian para pelaku UMKM.

Mahmudi, perwakilan Bank Indonesia pada pertemuan itu, mengungkapkan bahwa program SiAPIK akan segera dilanjutkan. Sebagai pemegang peran pengembangan, menjadi tugas Bank Indonesia dalam menjembantani perbankan dan UMKM. Diperlukan sinkronisasi jadwal, peserta, dan trainer. Keselarasan yang dibangun diharapkan dapat menghilangkan gap yang selama ini dianggap menjadi kendala bagi UMKM.

“Peserta yang ikut diharapkan tidak hanya sekedar ikut tetapi benar-benar mendapatkan dampak dari hasil pelatihan,”  terang Mahmudi.

Rapat ini juga dihadiri oleh Komunitas Bukalapak DIY dan Kota Mas. Masing-masing dari mereka mengirimkan anggotanya mengikuti pelatihan SiAPIK. mereka berharap setiap pemain usaha di UMKM mahir dalam menggunakan aplikasi SiAPIK sehingga dapat tumbuh mandiri dan mengedukasi.

Baca juga: Kerja Sama Rumah Sakit Onkologi Solo dengan Syncore dalam Penyusunan Master Plan dan Feasibility Study

Dari perbincangan sebelumnya dengan Rudy Suryanto, Senior Partner Syncore, untuk kedepannya, Syncore akan melakukan training ke 300 – 400 UMKM. Dari banyaknya jumlah tersebut, ada 20 UMKM yang akan disaring, lalu akan ada beberapa treatment, salah satunya boothcamp dan dibukukan bertajuk 20 UMKM Inspiratif.

“Ada seminar nasional yang akan diselenggarakan dan wisuda bagi 3 UMKM yang juga dinobatkan sebagai duta UMKM,” pungkasnya.