PERSIAPAN PENERAPAN BLUD 22 PUSKESMAS KAB. MUARA ENIM

Pada hari Senin hingga Rabu tanggal 20-22 Maret 2019 lalu, telah berlangsung Workshop Persiapan dalam rangka penerapan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Hotel Grand Zuri, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara PT Syncore Indonesia dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan pada waktu bulan Ramadhan, dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga waktu berbuka puasa. Kegiatan ini berlangsung dengan menghadirkan banyak pihak baik dari Dinas Kesehatan, Puskesmas maupun pihak-pihak lintas sektor seperti Sekretaris Daerah dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Narasumber pada hari pertama adalah Ir Bejo Mulyono MML yang merupakan pengurus pusat Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSADA) pada bidang pengembangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang menyampaikan materi tentang Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Setelah itu, sesi kedua dilanjutkan oleh direktur PT Syncore Indonesia, Niza Wibyana Tito, M. Kom., M.M selaku narasumber kedua dalam kegiatan ini yang memaparkan materi tentang Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) mulai dari pembentukan hingga pelaksanaannya. Setelah itu dilakukan penyusunan dokumen oleh masing-masing puskesmas untuk persyaratan administratif sebelum ditetapkan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Keenam dokumen tersebut yaitu Surat Pernyataan Bersedia Meningkatkan Kinerja, Surat Pernyataan Bersedia Diaudit, dokumen Standar Pelayanan Minimal, dokumen Tata Kelola, dokumen Laporan Keuangan Pokok serta dokumen Rencana Strategis.

Selama kegiatan berlangsung, peserta pelatihan terlihat sangat antusias dalam mendengarkan materi dan melakukan praktik penyusunan dokumen. Beberapa perwakilan dari puskesmas juga menyampaikan feedback dan mengajukan beberapa pertanyaan atas pemaparan materi terkait BLUD. Pada sesi akhir, seluruh peserta telah bersepakat bahwa 22 puskesmas di Kabupaten Muara Enim sudah siap untuk bertransformasi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan Syncore siap untuk mendampingi dan memantau seluruh proses terkait penerapan dan pelaksanaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

Referensi : Workshop Persiapan Penerapan BLUD Dinkes Kota Medan