PROSES PENJURNALAN DALAM SISTEM APLIKASI AKUNTANSI BLUD VERSI 2.0

Penjurnalan adalah proses pencatatan setiap transaksi ke dalam buku jurnal berdasarkan bukti-bukti yang ada, sesuai dengan urutan kejadian dan nomor kode rekeningnya masing-masing. Jenis jurnal sendiri ada Jurnal Umum Akuntansi, Jurnal Khusus seperti Jurnal Pembelian, Jurnal Penjualan, Jurnal Penerimaan Kas, Jurnal Pengeluaran Kas, Jurnal Penyesuaian, Jurnal Penutup dan Jurnal Pembalik.

Jurnal umum merupakan tempat untuk mencatat semua transaksi keuangan perusahaan pada periode tertentu secara sistematis. Jurnal ini secara otomatis sudah diinputkan disistem ketika kita menginputkan suatu transaksi. Seperti contoh UPT Puskesmas Sambilegi membeli Obat-obatan sebesar Rp15.350.000,- apabila transaksi ini sudah diinputkan di aplikasi pada modul Pengeluaran maka kita bisa melihat output jurnalnya pada modul Akuntansi à Menu Buku Bantu à Buku Jurnal à ada sub menu Jurnal Akuntansi dan Jurnal LRA

Jurnal Akuntansi

          Jurnal LRA

Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat dalam proses pencatatan perubahan saldo dalam akun sehingga saldo dari akun-akun pada jurnal mencerminkan jumlah yang sebenarnya. Pada akhir periode akan selalu ada saldo yang berubah sehingga dibutuhkan Jurnal Penyesuaian untuk mencatat perubahan saldo di akhir periode. Untuk Jurnal Penyesuaian ini kita perlu menginputkan ke dalam sistem pada modul Akuntansi à Menu Penyesuaian à ada sub menu Memo Penyesuaian dan Memo Pembalik. Nah untuk penyesuaian sendiri apa saja yang membutuhkan jurnal penyesuaian ?

Akun yang membutuhkan jurnal penyesuaian diantaranya :

  1. Pendapatan yang Masih Harus Diterima
  2. Belanja Dibayar Dimuka
  3. Penyisihan Piutang
  4. Penghapusan Piutang
  5. Pendapatan Diterima Dimuka
  6. Belanja yang Masih Harus Dibayar
  7. Stock Opname Persediaan
  8. Penambahan Persediaan Atas Hibah
  9. Ekstra Komptable
  10. Intra Komptable
  11. Koreksi Antar Beban

Jurnal pembalik adalah jurnal untuk membalik jurnal penyesuaian yang menimbulkan akun neraca. Jika tidak dibalik akan terjadi akun ganda. Dengan kata lain jurnal pembalik adalah jurnal jurnal yang dibuat pada awal periode akuntansi berikutnya untuk membalik jurnal penyesuaian yang menimbulkan perkiraan riil baru.

Referensi : PENYESUAIAN DI AKHIR PERIODE DI SISTEM APLIKASI AKUNTANSI BLUD VERSI 2.0