Audit Resiko Menggunakan Software e-SPI

Sekilas mengenai software e-SPI. Apa itu Software e-SPI dan digunakan untuk apa?

 

Software e-SPI adalah software yang dapat membantu auditor dalam menyarankan bentuk-bentuk pengujian substantif, analitis dan uji pengendalian yang harus diambil dalam suatu tingkat risiko tertentu. Kombinasi dari berbagai bentuk pengujian tersebut diharapkan akan dapat menurunkan tingkat resiko ke tingkat yang dapat diterima.

 

e-SPI memiliki beberapa level akses pengguna yaitu Project Leader, Project Manager, Senior Auditor dan Junior Auditor. Lewat pengaturan peran tersebut diharapkan project-project audit bisa diselesaikan secara efisien.

 

Inilah sepengal cerita tentang pelatihan e-SPI

Pagi di Jogja masih cerah, jarum jam menunjukan 9 pagi, hari ini akan dilaksanakan acara pelatihan e-SPI di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, salah satu universitas islam yang ada di Yogyakarta.

Peserta terlihat sudah ada di ruang pelatihan dan siap untuk mengikuti acara, peserta terdiri dari dosen dan asisten dosen. Tidak selang berapa lama, Bapak Rudy Suryanto, SE.,M.Acc.,Ak.CA, selaku narasumber datang ke ruang pelatihan, acarapun siap untuk di mulai.

Pada sesi pertama, Bapak Rudy memaparkan materi mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan mahasiswa dalam audit mengunakan e-SPI kepada dosen-dosen dan asisten audit UMY.

Selanjutnya beliau menjelaskan pengunaan software aplikasi e-SPI yang dapat digunakan untuk mempermudah mahasiswa dalam melakukan audit. Dalam Praktikum Audit menggunakan eSPI mahasiswa diharap mampu menganalisis dari segi independensi maupun integritas dari profile dan ilustrasi yang ada. Di sini mahasiswa langsung praktek menggunakan software e-SPI. Mereka diminta untuk mengidentifikasi resiko.

 

Identifikasi risiko dilakukan dengan menentukan proses bisnis kemudian menentukan resiko yang mungkin terjadi. Kemudian mahasiswa harus menetukan akun mana yang beresiko.


Langkah Selanjutnya mahasiswa akan mengukur resiko yang telah dipilih dengan memberikan score. Dimana hasil dari scoring dapat diketahui resiko klien apakah beresiko (High), Sedang (M) atau Rendah (L). Selesainya pengukuran resiko mahasiswa harus menyusun memo.



Kemudian mahasiswa diminta untuk menghitung materialitas dari laba sebelum pajak kemudian akan dilakukan perhitungan secara otomatis mengenai materialitas tingkat laporan keuangan, tingkat saldo dan tingkat transaksi.



Dari Materialitas mahasiswa harus menyusun program audit yang sesuai dengan alur dan section yang dipilih.



Berikutnya pada Apikasi eSPI terdapat Uji Pengendalian. Namun mahasiswa tidak perlu melakukan uji pengendalian. Langsung saja melakukan Uji Substantif. Dalam hal ini, kasus akan dirubah menjadi angka yang material sehingga mahasiswa di harap mampu memberikan memo dan melakukan jurnal penyesuaian.


Selanjutnya dilakukan uji analitis, mahasiswa harus membuat memo berdasarkan data yang telah mereka input. Terakhir adalah melihat laporan audit.

Dari praktek dengan menggunakan software e-SPI tersebut, peserta terlihat antusias. Software e-SPI karya SYNCORE ini, kini telah di tunggu oleh 400 mahasiswa yang ada di UMY yang di harapkan dapat membantu proses andit yang berbasis resiko.

 

Software e-SPI

Dapatkan Jadwal Pelatihan Syncore Disini

Download Materi BLU/BLUD

Software BLUdanBLUD


Bagaimana cara mengudang PT. Syncore Indonesia untuk pelatihan?

Anda dapat menghubungi:

Diana Septi A

CP: 0877 38 900 800 /training@syncore.co.id

Telepon Kantor: 0274 – 488 599

Be Sociable, Share!