Bimtek Penyusunan Anggaran BLUD RSUD Menggunakan Sistim Aplikasi RBA Terintegrasi APBD – RSUD Nagan Raya Aceh

Pada Tanggal 12-13 Februari 2016, telah diadakan pelatihan yang bertemakan “Bimtek Penyusunan Anggaran BLUD RSUD Menggunakan Sistim Aplikasi RBA Terintegrasi APBD” yang diselenggarakan oleh PT. Syncore Indonesia dengan peserta dari RSUD Nagan Raya Aceh. Acara pelatihan dilaksanakan di Ruang Srikandi Hotel Grage Ramayana, Jl. Sosrowijayan 33 Malioboro Yogyakarta.

 

Tujuan dari acara Bimtek Penyusunan Anggaran BLUD RSUD Menggunakan Sistem Aplikasi RBA Terintegrasi APBD adalah:

  1. Mengetahuiketentuan-ketentuanterkaitdengan RBA untuk BLUD/BLU.
  2. Bagaimanamenyusun RBA bab 1 gambaranumumBadanLayanan Umum.
  3. Bagaimanamenyusun RBA bab 2 evaluasi kinerja BLU tahunberjalan.
  4. Bagaimanamenyusun RBA bab 3 RencanaBisnisdanAnggaran BLU tahun yang akandatang.
  5. Teknikmenyusunproyeksikeuangan BLU tahun yang akandatang.

 

Hari Pertama

Acara tersebut dibuka oleh Diana septi Astiawardani, Kabag Divisi Training Syncore pukul 09.00 WIB yang dilanjutkan dengan foto bersama. Pada hari pertama pelatihan, diisi oleh narasumber Rudy Suryanto, SE., M.Acc.,AK.,CA, akademisi dan dosen. beliau menjelaskan materi mengenai pola pengelolaan keuangan BLUD.

 

Bapak Rudy menjelaskan, BLUD adalah satuan kerja perangkat daerah untuk unit kerja pada satuan kerja perangkat daerah di lingkungan pemerintah daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan, dan dalam melakukan kegiatan didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktifitas, berdasarkan pasal 1 pemendagri No, 61/2007.

Ada beberapa fleksibilitas BLUD, diantaranya adalah pendapatan BLUD dapat digunakan langsung, fleksibel dalam menggunakan belanja dengan ambang batas, bisa merekrut pegawai PNS – Non PNS dan masih banyak keuntungan-keuntungan lainya.

 

Pada kesempatan itu juga, Bapak Rudy menjelaskan mengenai sistematika penyusunan Rencana Bisnis & Anggaran (RBA). Beliau menjelaskan mengenai rodmap pengelolaan BLUD, struktur organisasi vs struktur BLUD, kaitan operasional keuangan akuntansi, perbedaan Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) dan Rencana Strategi Bisnis (RBA).

 

Hari Kedua

Pada hari kedua hari sabtu tanggal 13 Februari 2016. Pelatihan diisi oleh narasumber Niza Wibyana Tito, S.Kom, akademisi BLUD sekaligus Direktur PT. Syncore Indonesia yang mengisi materi mengenai system aplikasi RBA terintegrasi APBD.

 

Hari kedua pelatihan dimulai pukul 08.44 WIB. Bapak Tito menjelaskan mengenai Bab II tentang kinerja BLUD berjalan dan bab III mengenai Rencana Bisnis Anggran (RBA). Mengenai gambaranya dapat di dilihat di aplikasi system keuangan Syncore BLUD.

 

Pada sesi ini peserta diminta untuk praktek langsung penyusunan RBA dengan menggunakan sistem aplikasi keuangan BLUD Syncore. Peserta dipandu langsung bagaimana cara menginput data pada praktek penyusunan RBA menggunakan software keuangan Syncore BLUD. Pada praktek penginputan penyusunan RBa tersebut, peserta sangat antusias untuk menginput data dengan didampingi oleh tim pendamping konsultan Syncore.

Acara pelatihan berakhir pukul 16.35 WIB. Pada akhir acara Direktur PT. Syncore Indonesia, Bapak Niza Wibyana Tito, S.Kom menyerahkan kenang-kenangan kepada RSUD Nagan Raya yang diwakili oleh Kasubbag Penyusunan Program, Bapak Imran, S.ST.

 

Pada kesempatan tersebut, acara Bimtek Penyusunan Anggaran BLUD RSUD menggunakan system aplikasi RBA terintegrasi APBD diakhiri dengan foto bersama narasumber dan peserta.

 

 

Dapatkan Jadwal Pelatihan Syncore Disini

Download Materi BLU/BLUD

Software BLUdanBLUD

 

Bagaimana cara mengudang PT. Syncore Indonesia untuk pelatihan?

Anda dapat menghubungi:

Diana Septi A

CP: 0877 38 900 800 /training@syncore.co.id

Telepon Kantor: 0274 – 488 599

Be Sociable, Share!