Cara Tingkatkan Ekonomi Desa Melalui BUMDes

Desa ada sebelum Indonesia ada. Hal tersebut telah dijelaskan pada Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014. Selain itu, desa juga diberi kewenangan untuk mengatur dan mengurus pemerintahan dan masyarakat setempat yang diakui dan dihormati oleh Sistem Pemerintahan Indonesia. Saat ini perekonomian di Desa perlu di kembangkan secara optimal karena dana yang diterima oleh desa sebagian besar dialokasikan untuk perbaikan infrastruktur desa. Alternatif lain untuk meningkatkan ekonomi desa dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Hal tersebut disampaikan oleh bapak Rudy Suryanto saat mengisi BIMTEK tentang Menggerakkan Ekonomi Desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) secara Berkelanjutan yang dihadiri oleh 43 desa dari Lampung Utara (4/7).”Terkait pembentukan dan pengembangan BUMDes di perlukan komitmen bersama, selain itu perlu diperhatikan 5 aspek penting antara lain: Tata Aturan/ dasar hukum, Filosofi BUMDes, pemetaan potensi dan pemilihaan jenis usaha meliputi analisi internal dan eksternal, kemudian pembentukan dan penyertaan modal serta Perlu di lakukan evaluasi untuk Penguatan pasca Pembentukan BUMDes ” ujar beliau.
Selain itu, juga ditekankan oleh Bapak Rudy Suryanto bahwa membentuk dan menjalankan BUMDes tidak harus pintar namun harus mempunyai karakter yang tepat. Selain Sumber Daya Manusia, masih ada kendala lain yang sering dihadapi dalam pembentukan BUMDes diantarannya: Tidak tahu apa yang ingin di buat, tidak punya potensi, dan trauma karena kehilangan uang.  Maka dari itu, perlu dilakukan pengamatan yang lebih mendalam untuk melihat peluang bisnis, permintaan dan persaingan dipasar.

Terlepas dari hal tersebut perlu diperhatikan mengenai AD/ART BUMDes ynag mengatur teknis pengelolaan keuangan dan termasuk juga pembagian hasil. Dan perlu di ingat bahwa tanggal berdirinya BUMDes sama dengan tanggal diadakannya MUSDES lhoo… dan di akhir acara diperkenalkan pencatatan transaksi keuangan menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan yang mudah digunakan. Dengan Harapan pengelolaan keuangan lebih transparan dan Desa semakin maju dan mendunia.

Be Sociable, Share!