Catat, Strategi Sukses Bisnis UKM!

Semakin berkembangnya pemahaman masyarakat terhadap dunia internet ternyata berpengaruh terhadap laju pertumbuhan UKM/UMKM di Indonesia. Berbagai macam usaha baru yang cukup berpotensi bermunculan dan diperkenalkan kepada dunia hanya dengan satu klik saja.

Fenomena ini menunjukkan bahwa UKM juga dapat turut ambil bagian dalam meramaikan persaingan pasar global. Namun sayangnya tidak semua UKM dapat sukses menghadapi persaingan pasar. Mengapa demikian?

Sebelum lanjut membahas masalah itu dan trik-trik mengatasinya, terlebih dahulu kita harus paham bahwa tidak ada cara instan untuk meraih kesuksesan, termasuk pada sektor UKM.

Sebagai bekal introspeksi diri, ada beberapa hal pokok yang mesti dijalani, senantiasa di-review dan diperbaiki agar UKM berhasil memenangkan persaingan pasar, antara lain:

Posisikan Diri Sebagai Pemimpin

Dalam menjalankan UKM, Anda adalah leader bagi usaha anda. Maka dari itu posisikan diri layaknya seorang pemimpin perusahaan. Meskipun usaha Anda masih kecil, mulaihlah belajar mengelolanya secara profesional. Hal itu akan memunculkan sikap mental positif yang memungkinkan Anda menjadi lebih optimistis.

Buatlah Business Plan

Banyak orang yang terjun ke dunia UKM secara setengah-setengah. Mereka umumnya menekuni bidang ini karena suatu keterpaksaan. Akibatnya, sebagian besar dari mereka menjalankan usaha dengan cara coba-coba atau asal-asalan dan berujung pada kegagalan. Sebenarnya, kegagalan-kegagalan seperti itu bisa dihindari kalau pelaku UKM menerapkan Business Plan.

Perhatikan Langkah Demi Langkah

Setelah Anda memiliki Business Plan yang jelas dan mampu memposisikan diri sebagai seorang pemimpin perusahaan, perhatikanlah setiap langkah menuju mimpi perusahaan. Untuk memudahkan hal itu Anda membutuhkan Standard Operating Procedure (SOP) dan Strategic Plan.

Perluas Jaringan

Dalam dunia usaha, jaringan atau networking adalah jalan khusus untuk memastikan keberhasilan perusahaan, termasuk UKM. Karenanya, mulai saat ini Anda harus membiasakan diri bersikap terbuka dengan siapapun. Manfaatkan juga segala hal yang dapat memperluas jaringan Anda, baik itu forum-forum pertemuan langsung ataupun media sosial yang ditawarkan internet.

Belajar Pada Ahlinya

Orang bijak mengatakan pengalaman adalah guru terbaik. Orang biasa akan belajar dari pengalamannya sendiri, namun orang yang luar biasa mampu belajar dari pengalaman orang lain. Diantara keempat point sebelumnya, mungkin inilah yang paling penting. Jangan pernah ragu untuk belajar dari orang lain. Semakin banyak pelajaran yang anda serap, akan semakin sedikit potensi kegagalan yang mungkin terjadi.

 

Pelajari trik dan tips lainnya untuk UMKM Naik Kelas bersama KejarUMKM.com. Informasi lebih lanjut hubungi kami di:

SYNCORE BUILDING
JLN SOLO KM 9 YOGYAKARTA 55282
Telp 0274-488599 Phone: 087738 900 800

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply