Desa, Sang Pahlawan Nasional. Merdeka..!!

Desa, Sang Pahlawan Nasional. Merdeka..!!

Masih dalam suasana hari kemerdekaan Republik Indonesia, kami dari PT Syncore Indonesia mengucapkan Dirgahayu Indonesia-ku. “70 tahun Indonesia Merdeka, Ayo Kerja…!!” bangun desa sebagai pondasi pembangunan nasional.

Karena seperti yang disampaikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar bahwa “Untuk melihat Indonesia sesungguhnya, maka lihatlah desa.Sebab kondisi real masyarakat Indonesia adanya di desa, sehingga apa pun program yang kita kerjakan jagan sampai mengabaikan kepentingan masyarakat desa,” kata dia di Jakarta, Senin (17/8/2015) sebagaimana dikutip dari laman news.okezone.com.

Jika dahulu para pejuang kemerdekaan yang umumnya berbekal senjata sederhana berhasil membebaskan Indonesia dari tangan penjajah, maka saat inipun masyarakat desa juga dapat melakukan hal yang sama, menjadi pahlawan bagi Indonesia.

Hal itu juga yang disampaikan oleh Marwan, bahwa masyarakat desa sejatinya adalah pahlawan jika mereka mampu membangun kemandirian desa, baik di bidang ekonomi, energi, sosial budaya dan sebagainya.

Sebab dengan kemandirian itu, desa telah mengangkat martabat bangsa yang telah terbebani oleh beratnya belanja ekonomi, hutang luar negeri, termasuk penggerusan kekayaan sosial budaya masyarakat.

Marwan menegaskan, kemandirian desa sangatlah penting. Misalnya desa mandiri di bidang energi maka beban konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) akan berkurang sehingga beban ekonomi negara juga ikut berkurang. Dengan begitu desa menjadi penopang kemajuan bangsa.

Demikian juga di sektor pangan, bila desa mandiri dibidang pangan, maka negara tak perlu lagi mengadakan impor bahan pokok yang secara ekonomi membebani neraca perdagangan Indonesia.

“Inilah hal-hal kongkrat yang harus diperjuangkan masyarakat desa yang senafas dengan perjuangan kemerdekaan 70 tahun silam,” tuntas Marwan.

Cari tahu lebih lanjut tentang cara menjadi desa mandiri dan berdaya saing tinggi di :

Lembaga Kajian Pemberdayaan Masyarakat Dedsa (LKPMD)
SYNCORE BUILDING
JLN SOLO KM 9 YOGYAKARTA 55282
Telp 0274-488599 Phone: 087738 900 800
Email : deny@syncoreconsulting.com

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply