Hilangkan Lintah Darat Dengan Koperasi dan UMKM

Renternir merupakan salah satu masalah yang sering menjerat rakyat kecil pedesaan. Kurangnya akses pada lembaga keuangan saat kebutuhan mendesak muncul, ditambah dengan tingkat suku bunga “asal-asalan” si lintah darat adalah alasan utama mengapa jeratan renternir masih sering terjadi.

Terkait hal tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, mempunyai resep jitu untuk mencegah masalah tersebut terulang lagi.

Menurut pengalamannya blusukan ke beberapa daerah, masalah jeratan renternir dapat diatasi dengan menghidupkan program koperasi dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Waktu saya meninjau Kota Transmigrasi Baru (KTM) di Telang, Banyuasin. Ada laporan bahwa petani di sana dulunya sering dililit utang oleh para rentenir. Kemudian salah satu solusi yang dilakukan adalah dengan menghidupkan program UMKM dan Koperasi. Hasilnya ternyata sangat manjur karena masyarakat bisa lebih mandiri secara ekonomi dan terbebas dari lilitan utang para rentenir,” ujar Menteri Marwan seperti dikutip dari Antara.

Menteri Marwan mengaku sudah sejak awal mengajukan usul pembentukan 5.000 UMKM di daerah-daerah tertinggal dan transmigrasi. Namun sayang usulan ini dicoret oleh Bappenas dengan alasan yang tidak disampaikan dengan jelas.

“Sekarang ingin saya munculkan kembali UMKM di daerah transmigrasi dan pulau terluar. Sebab manfaatnya sangat banyak sekali bagi masyarakat,” tegas Marwan.

Menteri Marwan mengaku sangat miris mendengar adanya masyarakat miskin yang dianiaya oleh rentenir hingga meninggal dunia hanya gara-gara menunggak utang sebesar Rp300.000. Penganiayaan yang terjadi di Bekasi, Jawa Barat itu adalah potret realitas sosial yang kemudian menghidupkan para pengijon dan rentenir.

Ikuti kelompok Kejar UMKM untuk UMKM yang ingin naik kelas di www.kejarumkm.com dan www.kuitansi.com, kunjungi juga akun Facebook https://www.facebook.com/pages/Syncore-Consulting/198636173517049 dan https://www.facebook.com/pages/KEJAR-UMKM-Komunitas-Training-Gratis-UMKM/839252619423978?pnref=lhc

 

Sumber berita : http://www.antaranews.com/berita/515622/mendes–umkm-cegah-transmigran-terjerat-rentenir
Be Sociable, Share!

    Leave a Reply