Jelajah Kampeng Mataraman : Banyak Maen, Banyak Pahala, Sedikit Dosa

Kamis (15/6) adalah hari dimana saya berkesempatan untuk merasakan kembali bagaiamana suasana zaman kerajaan mataraman di sekitar abad ke-18. Zaman dimana semua masakan masih menggunakan rempah-rempah pilihan asli yang dipetik langsung dari kebun milik warga sekitar. Zaman dimana gadget masih belum ada dan congklak, egrang, yoyo, dan gasing menjadi komoditas utama untuk permainan anak-anak. Dan zaman dimana lagu-lagu daerah Indonesia masih riuh diperdengaran dan belum bergesaer dengan lagu-lagu modern yang syarat dengan mudharatnya.

Tempat itu adalah Kampoeng Mataraman. Tempat yang menyuguhkan ke-“Ndesoan” Indonesia yang sekrang mulai dilirik turis-turis di seluruh dunia. Sekarang ini pariwisata dunia sedang berkiblat pada wisata yang menyuguhkan pengalaman , sehingga hadirnya Kampoeng Mataraman ini merupakan jawaban dari kebutuhan pariwisata tersebut. Kampoeng Mataraman merupakan sebuah tempat wisata  bernuansa edukasi yang menawarkan para pengunjungnya untuk kembali ke desa dengan nuansa abad ke-18 dimana kerajaan Mataram masih berdiri megah.

Beberapa paket wisata yang disuguhkan di Kampoeng Mataraman diantaranya adalah wisata pengalaman membajak sawah, menanam padi, bermain permainan tradisional dengan alat-alat yang dapat dibuat sendiri dan memasak makanan-makanan khas Indonesia secara tradisional menggunakan rempah-rempah asli Indonesia. Disamping itu selain permainan ada beberapa hal lainnya mengenai budaya Indonesia yang di angkat kembali disini. Diantaranya adalah lagu-lagu khas daerah-daerah di Indonesia. Sungguh seru ngabuburit sore itu. Apalagi, dipenhujung sore tausiyah juga hadir mengisi qabu oleh ustadz setempat

benar-benar jadi ngabuburit yang bermanfaat. Kedepannya dengan pengelolaan yang baik dan pengembangan wisata yang semakin bervariasi diharapkan Kampoeng Mataraman dapat menjadi kiblat wisata yang menyuguhkan pengalaman pertama di Indoensia yang dikembangkan langsung oleh desa.

Bangkit Desa, Bangkit Indonesia

Be Sociable, Share!