Komponen Laporan Keuangan BLU/BLUD

Pelatihan PPK BLUD Puskesmas Se Kabupaten Batang Dihadiri Wakil Bupati dan Pejabat Dinkes

Badan Layanan Umum  (BLU) adalah instansi di lingkungan pemerintah pusat/pemerintah daerah (BLU/BLUD) yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

BLU/BLUD mengelola aset yang masuk kategori kekayaan negara/daerah yang tidak dipisahkan, sama seperti satker kementerian/lembaga pada umumnya.

Suasana Pembukaan Pelatihan PPK BLUD Puskesmas Se Kabupaten Batang

Laporan keuangan BLU/BLUD merupakan laporan yang terstruktur mengenai posisi keuangan dan transaksi-transaksi yang dilakukan oleh BLU/BLUD. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 217/PMK.05/2015 tentang Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah (PSAP) Berbasis Akrual nomor 13 tentang Penyajian Laporan Keuangan Badan Layanan Umum, adapun bentuk laporan Keuangan BLU/BLUD adalah Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas, dan Catatan atas Laporan Keuangan.Tanggung jawab penyusunan dan penyajian laporan keuangan BLU/BLUD berada pada pimpinan BLU/BLUD atau pejabat yang ditunjuk.
Secara umum tujuan penyusunan laporan keuangan ini adalah menyajikan informasi mengenai posisi keuangan, realisasi anggaran, saldo anggaran lebih, arus kas, hasil operasi, dan perubahan ekuitas BLU/BLUD yang bermanfaat bagi para pengguna dalam membuat dan mengevaluasi keputusan mengenai alokasi sumber daya.

Menggunakan Aplikasi Syncore BLUD dalam pelatihan PPK Puskesmas Se Kabupaten Batang

Terkait dengan penyusunan laporan keuangan tersebut Dinkes serta 21 Puskesmas di Kabupaten Batang, mengadakan Pelatihan Pola Pengelolaan Keuangan BLUD yang bertempat di Hotel Horison Pekalongan pada tanggal 15, 16, 17 Juni 2017. Dengan dihadiri oleh Wakil Bupati Batang, Kepala Dinkes Kabupaten Batang, Kepala Puskesmas dan staff puskesmas se-kabupaten Batang diharapkan puskesmas dapat  mengelola keuangannya secara lebih baik baik lagi. Penyusunan Laporan Keuangan menggunakan aplikasi dari PT. Syncore Indonesia yaitu SyncoreBLUD, sehingga pencatatan akuntansi dapat tertata rapi dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Penggunaan aplikasi yang user friendly dan mudah diakses menjadi keunggulan sendiri bagi puskesmas untuk melaporkan laporan keuangannya dengan cepat dan mudah.

Be Sociable, Share!