Konsep Pencatatan Dana Zakat, Infak dan Sedekah sesuai software lazis.id

Dalam rangka meningkatkan pengelolaan dana zakat, infak dan sedekah yang baik dan professional diperlukan lembaga pengelolaan yang tangguh dan kredibel. Salah satu syarat pendirian Lembaga Amil Zakat (LAZ) adalah memiliki kemampuan teknis, administrative dan keuangan untuk melaksanakan kegiatannya. Di era modern ini berkembang software untuk pengelolaan dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) “lazis.id”. Dengan menggunakan software ini diharapkan mempermudah pengelolaan penerimaan dan penyaluran dana ZIS sehingga dana yang ada bisa tersalurkan untuk kesejahteraan penerimanya.

Penyampaian materi Konsep pencatatan penerimaan dan penyaluran dana ZIS menggunakan aplikasi Lazis.id kali ini bertempat di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan pemateri Ibu Yeni Nur Haryati S.E., M.Si yang merupakan manager konsultan di PT Syncore Indonesia.

Peserta pelatihan terdiri dari mahasiswa dan umum. Diharapkan peserta yang mengikuti pelatihan ini nantinya bisa mengaplikasikan setelah masuk ke lembaga amil zakat.

Sebelum masuk ke praktik penggunaan software lazis.id, terlebih dahulu peserta diberikan pemahaman umum mengenai materi dasar dana ZIS, peserta diminta menjelaskan apa yang dimaksud dengan zakat kemudian perbedaannya dengan infak dan sedekah, jenis-jenis zakat, hukum-hukum zakat, siapa saja yang termasuk pihak muzakki (penyalur) dana ZIS, siapa saja yang termasuk pihak mustahiq (penerima) dana ZIS, Dana Amil, Haul dan Nisab. Setelah diberikan pemahaman dasar mengenai dana ZIS, peserta praktik menggunakan software lazis.id.

Be Sociable, Share!