Manajemen Keuangan & Akuntansi Perguruan Tinggi UIN Alaudin Makasar: Tantangan Tata Kelola Keuangan Perguruan Tinggi

Pada hari Jumat, 8 Agustus 2015, SYNCORE kembali dipercaya untuk menjalankan pelatihan yang mengangkat tema “Pelatihan Manajemen Keuangan & Akuntansi Perguruan Tinggi”. Pelatihan diselenggarakan di Athena Meeting Room, Kangen Boutique Hotel Jl. Raya Magelang Km. 5,8 No. 27 Yogyakarta.

 

SYNCORE merupakan Perusahaan Teknologi Akuntansi yang telah berpengalaman menggelar pelatihan dibidang pengelolaan keuangan BLUD mulai dari Puskesmas, Rumah Sakit sampai Perguruan Tinggi. Tema yang diambil pun beragam mengenai Rencana Bisnis Anggaran (RBA) berbasis Standar Keuangan Akuntansi (SAK), Tata Kelola, Laporan Keuangan, Pendampingan Akreditasi Puskesmas sampai dengan Satuan Pengendalian Internal (SPI).

 

Kali ini SYNCORE mendapat kepercayaan dari Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar dengan tema yang ingin mereka pelajari yaitu mengenai Manajemen Keuangan dan Akuntansi Perguruan Tinggi. Acara ini dihadiri oleh tenaga kependidikan dari UIN Alaudin Makassar.

 

Sebagai Penyelenggara SYNCORE menghadirkan narasumber berpengelaman dan memiliki wawasan yang luas mengenai manajemen akuntansi perguruan tinggi. Beliau adalah Icuk Rangga Bawono, SH., SE., M.Si., MH., Ak, CA.

 

Pelatihan yang di isi oleh Bapak Icuk Rangga Bawono, SH., SE., M.Si., MH., Ak, CA ini menyampaikan materi mengenai Tantangan Tata Kelola Keuangan Perguruan Tinggi.

“Tata kelola merupakan sistem dan proses untuk memastikan akuntabilitas yang tepat dan keterbukaan dalam menjalankan organisasi. Untuk mendukung kegiatan tata kelola keuangan yang akuntable, transparan dan bersih pada lingkungan perguruan tinggi maka perlu dilakukan upaya pembinaan pengelolaan keuangan di lingkungan perguruan tinggi”, Jelas Bapak Icuk.

 

Beliau mengungkapkan bahwa salah satu faktor yang menjadi tantangan perguruan tinggi adalah penggalian sumber-sumber pendanaan baru yang produktif, tata kelola keuangan lebih besar dalam merumuskan kurikulum dan hal yang terkait dengan bidang akademis dan akuntabilitas publik.

 

“Untuk menuju tata kelola universitas yang baik Good University Governance (GUG) pengelolaan dana perguruan tinggi harus diikuti dengan transparasi anggaran secara menyeluruh kepada publik berdasarkan prinsip keadilan, akuntabilitas dan kejujuran,” imbuhnya.

 

Pelatihan yang berakhir pukul 16.30 WIB ini, diakhiri dengan foto bersama dan SYNCORE memberikan kenang-kenangan kepada UIN Alaudin Makasar yang telah mempercayakan SYNCORE sebagai penyelenggara acara pelatihan.

 

Pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan wawasan dan kompetensi tata kelola bagi tenaga kependidikan Perguruan Tinggi, khususnya dalam manajemen keuangan dan akuntansi sehingga dapat mendukung penerapan manajemen keuangan yang transparan dan akuntabel.

Dapatkan Jadwal Pelatihan Syncore Disini

Download Materi BLU/BLUD

Software BLUdanBLUD

 

Bagaimana cara mengudang PT. Syncore Indonesia untuk pelatihan?

Anda dapat menghubungi:

Rahmadani Lutfiawati

CP: 082 274 900 800 / fia@syncoreconsulting.com

Diana Septi A

CP: 0877 38 900 800 /training@syncore.co.id

Telepon Kantor: 0274 – 488 599

Be Sociable, Share!