Masalah Umum Instansi yang Ingin Menjadi BLUD

Sebagai lembaga Konsultan, Training, dan Pengembang Software yang memiliki perhatian terhadap masalah Badan Layanann Umum Daerah (BLUD), PT Syncore Indonesia telah menanganai berbagai klien BLUD.

Dari pengalaman kami berhubungan langsung dengan pihak Rumah Sakit / Puskesmas yang ingin menjadi BLUD ataupun sudah menjadi BLUD, ada beberapa kendala yang jamak dialami oleh mereka.

Salah satunya adalah kendala sebelum menjadi BLUD (Pra-BLUD). Institusi kesehatan yang belum menjadi BLUD dan ingin beralih menjadi BLUD sedikitnya mengalami kendala dalam hal persiapan, rencana penetapan dan rencana penerapannya.

Kendala itu biasanya berkisar antara format dokumen persyaratan administratif, termasuk kesiapan pegawai / karyawan dalam memenuhi semua persyaratan untuk menjadi BLUD, dan pencarian lembaga percontohan (studi banding) yang memiliki kemiripan latar belakang.

Selain itu, masalah rencana penetapan pola tarif layanan BLUD juga sering menjadi masalah karena selama ini umumnya Rumah Sakit / Puskesmas cenderung hanya mengikuti Peraturan Daerah setempat. Sedang setelah menjadi BLUD, mereka dituntut untuk mulai mandiri.

Kemudian masalah pengelolaan dana / keuangan dan pelaporannya yang sesuai dengan ketentuan pemerintah, termasuk penyusunan dan alur pengesahan RBA, masalah penggajian karyawan, pengangkatan pegawai, belanja kebutuhan instansi, hingga penyusunan SOP yang sehat juga sering membuat pihak Rumah Sakit / Puskesmas bingung.

Selain masalah-masalah tersebut juga masih ada beberapa masalah lain, baik yang bersifat internal ataupun eksternal. Jika institusi Anda juga mengalami masalah serupa, atau lebih kompleks dari itu & ingin memperbaikinya agar dapat segera menjadi BLUD yang sehat, hubungi kami di :

PT SYNCORE INDONESIA
JLN SOLO KM 9 YOGYAKARTA 55282
Telp 0274-488599
CONSULTING : 085608 900 800 | admin@syncore.co.id | PIN BB 7587B414
TRAINING : 087738 900 800 | training@syncore.co.id | PIN BB 7F8C112E
SYSTEM : 0821 3690 9999 | tsm@syncore.co.id | PIN BB 7A08A01D

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply