Pantau Arus Kas Anda Dengan Kuitansi Praktis Ini

Kuitansi atau surat bukti yang menyatakan bahwa telah terjadi penyerahan sejumlah uang dari yang disebut sebagai pemberi atau yang menyerahkan uang kepada yang disebut sebagai penerima, adalah hal yang sangat penting untuk mengkontrol arus kas bagi setiap pelaku usaha. Tidak terkecuali bagi pelaku UMKM.

Namun sayangnya banyak pelaku usaha kecil dan menengah / UMKM yang masih meremehkan masalah tersebut. Mereka lupa bahwa salah satu cara untuk menjaga kesehatan usahanya adalah dengan menjaga kesehatan arus kas.

Artinya, setiap pengeluaran dan pemasukan harus jelas, disertai bukti, dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan begitu pelaku UMKM dapat melihat dengan tepat dimana titik lemah dan lebihnya, mana pengeluaran yang baik dan mana yang buruk, serta seberapa banyak peluang pemasukan dalam setiap periode.

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang sistem, konsultasi dan training, serta memiliki fokus pada perusahaan kecil dan menengah (small & medium enterprises), PT Syncore Indonesia memahami memahami permasalahan pelaku UMKM.

Dari beberapa pendampingan yang kami lakukan, kami menyimpulkan bahwa kurang pedulinya pelaku UMKM terhadap arus kasnya sebenarnya bukan hal yang diinginkan. Namun lebih karena kurangnya pemahaman dan cara membuat laporan keuangan yang benar.

Lebih jauh, tidak sedikit dari pelaku UMKM yang bahkan tidak berupaya mencatat bukti pengeluaran dan pemasukan hanya karena khawatir menambah biaya kertas dan merepotkan.

Berangkat dari situ, Syncore memutuskan untuk mengembangkan aplikasi kuitansi berbasis online (kuitansi.com). Selain berguna untuk membukukan arus kas pelaku usaha / UMKM, kuitansi.com juga memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan kuitansi biasa.

Pertama, kuitansi.com adalah generasi baru kuitansi dunia digital yang praktis, dapat digunakan dari perangkat apa saja yang terkoneksi ke internet, mudah dan murah.

Kedua, kuitansi.com juga dilengkapi dengan beberapa konten menarik seperti artikel, tips & trik, serta forum UMKM yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga semangat pelaku usaha dan membuat usahanya terus naik kelas.

Ketiga, meski desain untuk memasukkan datanya dibuat mudah, output dari kuitansi.com tetap sesuai dengan standar akuntansi.

Keempat, kuitansi.com memudahkan pelaku ataupun pemilik usaha untuk mengechek kesehatan usahanya dari mana saja dan kapan saja tanpa harus repot-repot membolak-balik kertas laporan keuangan.

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply