Pelatihan Pembentukan Dan Penguatan SPI BLUD – RSUD Dr. Abdul Aziz Singkawang Kalimantan Barat

RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang mempercayakan SYNCORE sebagai penyelenggaran acara pelatihan yang bertajuk “Pembentukan dan Penguatan SPI BLUD”, pada 4-5 September 2015. Untuk kesekian kalinya pelatihan yang bertemakan SPI ini digelar oleh SYNCORE. Pada bulan sebelumnya pula, RSUD Kabupaten Sanggau dan RSUD Kabupaten Landak yang kebetulan berada di provinsi yang sama, mempercayakan SYNCORE sebagai penyelenggara Pelatihan Satuan Pengendalian Internal (SPI) Teknik Pelaporan Audit Internal. SYNCORE sudah dipercaya berbagai instansi untuk melaksanakan pelatihan yang bertemakan pengelolaan keuangan BLUD, khususnya Rumah Sakit, Puskesmas maupun Perguruan Tinggi.

 

Pelatihan Pembentukan dan Penguatan SPI BLUD ini dilaksanakan di Rama Shinta 2 Meeting room, Hotel Grage Ramayana Jl Sosrowijayan 33 Malioboro Yogyakarta. Peserta pelatihan merupakan pejabat struktural dari RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang yang berasal dari Provinsi Kalimantan Barat.

 

Pada kesempatan ini, SYNCORE selaku penyelenggara menghadirkan narasumber yang sudah berkompeten dan ahli di bidangnya. Rudy Suryanto, SE.,M.Acc.,Ak.,CA; Andri Yandono, SE., MM menjadi narasumber yang akan mengisi materi pelatihan pembentukan dang penguatan SPI.

 

Sesi pertama di isi oleh Rudy Suryanto, SE.,M.Acc.,Ak.,CA. beliau adalah Senior Patner Syncore dan Dosen di salah satu perguruan tinggi. Bapak Rudy mengatakan, Pemerikasaan intern BLU dilaksanakan oleh satuan pemeriksaan intern yang merupakan unit kerja yang berkedudukan langsung di bawah pimpinan BLU yang bertugas melaksanakan pemeriksaan intern BLU. Tugas SPI disini berfungsi untuk meningkatkan kinerja pelayanan dalam menyelenggarakan bisnis yang sehat. Agar fungsi ini bisa terbentuk dan berjalan dengan baik maka diperlukan pemahaman mengenai pengendalian intern. Disini, SYNCORE bisa membantu menjembatani apa saja yang perlu dilakukan dalam membentuk SPI.

 

Sesi kedua, Andri Yandono, SE., MM, narasumber yang merupakan seorang Dewan Pengawas RSUD Kota Yogyakarta yang syarat akan pengalamanya yang luas mengampu materi pelatihan. Beliau menyatakan bahwa, SPI bisa dikatakan sebagai pilar penting bagi akuntabilitas dan transparasi pengelolaan keuangan, karena SPI akan membantu manajemen BLUD dalam memastikan aspek kepatuhan dalam penggunan dana. Di sini, SPI akan melakukan identifikasi resiko, perbaikan proses dan pengawasan yang sesuai dengan prinsip-prinsip dalam sistem pengendalian internal pemerintah (SPIP).

 

Sesi tanya jawab dilakukan setelah pemaparan materi dari narasumber. Pada kesempatan tersebut, sorang peserta bertanya. “Apakah ada masa kerja SPI?”. Tidak ada, SPI mengikuti lembaga, namun secara orang yang bekerja di dalam SPI bisa atau dapat diberikan periode.

Pelatihan Pembentukan dan Penguatan SPI BLUD di tutup pukul 16.00 WIB. Pelatihan tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. Kesuksesan tersebut ditandai dengan antusiasme dan keaktifan peserta yang mengikuti jalannya pelatihan. Mereka berkeinginan untuk bekerjasama kembali dengan SYNCORE dikesempatan lain.

 

Dapatkan Jadwal Pelatihan Syncore Disini

Download Materi BLU/BLUD

Software BLUdanBLUD

 

Bagaimana cara mengudang PT. Syncore Indonesia untuk pelatihan?

Anda dapat menghubungi:

Rahmadani Lutfiawati

CP: 082 274 900 800 / fia@syncoreconsulting.com

Diana Septi A

CP: 0877 38 900 800 /training@syncore.co.id

Telepon Kantor: 0274 – 488 599

Be Sociable, Share!