Pelatihan Pengelolaan Keuangan Puskesmas BLUD – Dinas Kesehatan Kab. Indragiri Hilir Riau

PUSKESMAS adalah ujung tombak pemberian pelayanan kepada masyarakat. Paska penetapan ketentuan BPJS di tahun 2014, peran PUSKESMAS menjadi semakin vital lagi. Untuk meningkatkan pelayanan PUSKESMAS, maka PUSKESMAS harus memiliki kewenangan yang lebih luas dalam mengelola pendapatan maupun pengeluaran. Pola yang paling tepat untuk hal tersebut adalah Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK – BLUD).

 

Namun masih sedikit PUSKESMAS yang telah berstatus BLUD. Menurut data ada kurang lebih 9000 PUSKESMAS di seluruh Indonesia dan pada tahun 2012 telah ada 158 yang berstatus BLUD. Pada tahun 2013 jumlahnya bertambah menjadi 326 dan pada awal tahun 2014 ada kurang lebih 101 PUSKESMAS yang sedang berproses untuk menjadi BLUD. Namun jumlah ini masih sangatlah sedikit atau sekitar 4.7% dari total PUSKESMAS yang telah menjadi BLUD.

 

Pada Selasa 17 Maret 2015, telah diadakan pelatihan bertema “Pelatihan Pengelolaan Keuangan Puskesmas BLUD”, yang diselenggarakan oleh SYNCORE di Ruang Candana Hotel Gowongan Inn Jl. Gowongan Kidul No.50 Yogyakarta. Peserta pelatihan merupakan pejabat struktural dari Dinas Kesehatan Kab. Indragiri Hilir Riau. Acara tersebut di laksanakan selama 2 hari secara berturut-turut dari tanggal 17-18 Maret 2015.

 

Pada kesempatan tersebut, SYNCORE sebagai penyelenggara menghadirkan narasumber yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya. Mereka adalah Rudy Suryanto, SE.,M.Acc.,Ak.,CA; Andri Yandono, SE, MM; dan Niza Wibyana Tito, S.Kom.

 

Tujuan diselenggarankan acara Pelatihan Pengelolaan Keuangan Puskesmas BLUD diharapkan peserta dapat menyusun tata kelola dan tata aturan BLUD, Rencana Strategis Bisnis (RSB) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM), sistem akuntansi & laporan keuangan pokok. Dokumen-dokumen tersebut adalah untuk memenuhi persyaratan administratif untuk menjadi BLUD sesuai dengan ketentuan PP23 tahun 2005, Permendagri 61 tahun 2007 dan SE Mendagri 900/2759/SJ tentang Pedoman Penilaian Usulan BLUD.

 

Sekitar pukul 08.30 WIB acara di buka langsung oleh kabag divisi training SYNCORE, Diana Septi A yang memberikan sambutan yang isinya ucapan selamat datang dan terimakasih kepada seluruh peserta pelatihan dari Dinas Kesehatan Kab. Indragiri Hilir Riau yang telah mempercayakan SYNCORE sebagai penyelenggara pelatihan mengenai pengelolaan keuangan puskesmas BLUD.

 

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pelatihan yang dilakukan oleh Rudy Suryanto, SE.,M.Acc.,Ak.,CA beliau adalah dosen dan akademisi yang telah berpengalaman luas dibidang BLUD. Pada sasi pertama Bapak Rudy langsung memaparkan materi mengenai kendala pengelolaan PUSKESMAS, syarat BLUD, tahap pengajuan BLUD, perencanaan BLUD dan penatausahaan BLUD. Selain itu beliau juga memaparkan mengenai pola pengelolaan BLUD.

Pola pengelolaan keuangan BLUD memungkinkan PUSKESMAS untuk menggunakan pendapatan negara bukan pajak (PNPB) yaitu pendapatan dari layanan pasien secara langsung, tanpa harus disetor dahulu ke kas negara. Mekanisme ini tentu sangat membantu PUSKESMAS dalam menyediakan obat-obatan, membayar biaya operasional dan pengeluaran lainnya sesuai dengan anggaran. Tanpa fleksibilitas tersebut sepertinya sulit PUSKESMAS dapat memberikan layanan prima di era BPJS, karena pasien tidak membayar langsung tetapi menggunakan sistem kapitasi.

 

Selanjutnya acara diselingi dengan ISHOMA dan setelah itu dilanjutkan sesi kedua yang di isi oleh Bapak Andri Yandono yang memaparkan materi mengenai pencatatan dan pelaporan keuangan BLUD. Dalam sesi ini dilakukan diskusi dan tanya jawab, diskusi yang antusian diikuti oleh peserta dan narasumber yang membuat suasana pelatihan menjadi hidup, karena dari peserta pelatihan ingin banyak mengetahui secara dalam mengenai pengelolaan keuangan PUSKESMAS BLUD.

 

Narasumber menjawab pertanyaan dengan baik sehingga para peserta bisa memahami materi pelatihan tersebut. Sekitar pukul 16.30 WIB acara di akhir dengan dilakukan foto bersama antara peserta dengan narasumber dan penyelenggara pelatihan.

 

Dihari kedua, Rabu 18 Maret 2015, acara dimulai pukul 08.35 WIB, dimana pada hari kedua ini pelatihan digunakan untuk praktek simulasi penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan software keuangan BLUD. Software keuangan BLUD merupakan aplikasi sistem keuangan yang dikembangkan oleh SYNCORE untuk membantu proses penyusunan laporan keuangan keuangan PUSKESMAS maupun RS, sistem aplikasi ini memungkinkan manajemen PUSKESMAS/RS dikelola secara professional melalui sebuah sistem informasi berbasis website. Pada kesempatan tersebut narasumber langsung meminta peserta mempraktekan langsung penginputan data ke dalam aplikasi sistem.

 

Tidak terasa waktu mendekati jam 15.40, acara berikutnya yaitu kesan pesan dari para peserta terhadap pelatihan ini, dimana tanggapan peserta menyambut baik atas terlaksananya acara tersebut hingga membuka wawasan peserta terhadap pengelolaan keuangan PUSKESMAS. Sedangkan dari narasumber memberikan kesan dan pesan bahwa setelah dilakukanya pelatihan ini, para peserta diharapkan bisa langsung mengaplikasikan ilmu mereka kedalam bentuk nyata ke PUSKESMAS mereka masing-masing.

 

Setelah kesan dan pesan, acara di tutup oleh Ibu Diana Septi yang dilanjutkan dengan foto bersama dan memberikan kenang-kenangan oleh SYNCORE sebagai penyelenggara kepada perwakilan dari Dinas Kesehatan Kab. Indragiri Hilir Riau. Setelah itu peserta langsung mengambil sertifikat dari panitia acara.

 

 

Dapatkan Jadwal Pelatihan Syncore Disini

Download Materi BLU/BLUD

Software BLUdanBLUD

 

Bagaimana cara mengudang PT. Syncore Indonesia untuk pelatihan?

Anda dapat menghubungi:

Diana Septi A

CP: 0877 38 900 800 /training@syncore.co.id

Telepon Kantor: 0274 – 488 599

Be Sociable, Share!