Pelatihan Pengelolaan Keuangan Puskesmas BLUD – Puskesmas Pakuncen Kab. Banyumas

PT. Syncore Indonesia dipercaya oleh Puskesmas Pakuncen Kabupaten Banyumas sebagai penyelenggara pelatihan di acara yang bertemakan “Pelatihan Pengelolaan keuangan Puskesmas BLUD” pada 8-9 Januari 2016. Acara diselenggarakan Ruang Srikandi Hotel Grage Ramayana Yogyakarta, Jl. Sosrowijayan 33 Malioboro Yogyakarta.

 

Tujuan acara Pelatihan Pengelolaan Keuangan Puskesmas BLUD, diharapkan peserta pelatihan dapat:

1.Memahami Pola Pengelolaan Keuangan Puskesmas BLUD

2.Memahami Tata Kelola Setelah BLUD

3.Memahami Rencana Strategi Bisnis (RSB) Puskesmas

4.Memahami Sistematika Penyusunan RBA

5. Memahami Sistematika Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK

 

Acara diselenggarakan selama 2 hari yang dinarasumberi oleh Rudy Suryanto, SE., M.Acc., Ak., CA; Andri Yandono, SE., MM; Niza Wibyana Tito, S.Kom; dan Yeni Nurhayati, SE,M.Si

 

Hari Pertama – Sesi Pertama

Pembukaan acara di buka oleh Diana Septi Astiawardani, Kabag Divisi Training Syncore pada pukul 08.30 WIB, yang dilanjutkan dengan foto bersama. Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan sesi pertama pelatihan yang menghadirkan narasumber Rudy Suryanto, SE., M.Acc., Ak., CA, akademi dan dosen yang membahas materi mengenai pengelolaan keuangan puskesmas BLUD.

 

Bapak Rudy menjelaskan bahwa BLUD adalah satuan kerja perangkat daerah untuk unit kerja pada satuan kerja perangkat daerah di lingkungan pemerintah daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan, dan dalam melakukan kegiatan didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktifitas, pasal 1 Pemendagri No, 61/2007.

 

Tujuan BLUD adalah pemberian layanan umum secara lebih efektif dan efisien sejalan dengan praktek bisnin yang sehat, yang pengelolaan dilakukan berdasarkan kewenangan yang di delegasikan oleh kepala daerah, pasal 2 Pemendagri No. 61/2007.

 

Selain menjelaskan mengenai BLUD, beliau juga menjelaskan mengenai pola tata kelola, kelembagaan BLUD, panatausahaan, Rencana Strategi Bisnis (RSB) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang fokus terukur dan dapat dicapai.

 

Sesi pertama hari pertama pelatihan berakhir pada pukul 11.30 WIB. Sebelum acara hari pertama ditutup, peserta diminta untuk istirahat dan makan siang. Penutupan acara pelatihan hari pertama sesi pertama di tutup pukul 12.30 WIB.

 

Hari Kedua – Sesi Kedua

Pelaksanaan pelatihan sesi kedua hari kedua dimulai pukul 08.45 WIB hari Sabtu 9 Januari 2016 dengan narasumber Bapak Andri Yandono, SE.,MM. Pelatihan di buka oleh Pak Andri dan di mulai dengan perkenalan profil di lanjutkan dengan proses tahapan menjadi BLUD, yaitu pra BLUD dan paska BLUD.

 

Bapak Andri menjelaskan mengenai regulasi yang di perlukan BLUD yang berisi peraturan pemendagri yang akan di turunkan mejadi peraturan bupati. Beliau juga menjelaskan tentang struktur organisasi puskesmas. Pedoman penyusunan RBA mengacu pada contoh Perbub Bupati Bantul No 16 A.

 

Selain hal tersebut, beliau juga menjelaskan mengenai Rencana Bisnis Anggaran (RBA) format baru, akuntansi BLUD, basis Standar Akuntansi Keuangan (SAK) untuk keperluan praktik izin sehat.

 

Hari Kedua – Sesi Ketiga

Pada sesi ketiga hari kedua pelatihan dinarasumberi oleh Bapak Niza Wibyana Tito, S.Kom berkolaborasi dengan Yeni Nur hayati, SE, M.Si yang mengisi materi mengenai simulasi Rencana Bisnis Anggaran (RBA) menggunakan aplikasi software keuangan Syncore BLUD.

 

Bapak Tito membuka sesi ketiga hari kedua pelatihan dengan menjelaskan mengenai RBA dan software keuangan yang di miliki oleh Syncore dengan fasilitasnya yang dapat mempermudah dalam pembuatan laporan keuangan BLUD.

Setelah dijelaskan mengenai RBA. Peserta di minta untuk praktek langsung penyusunan RBA dengan menggunakan aplikasi software keuangan Syncore BLUD. Bapak Tito memberikan soal yang akan dikerjakan oleh peserta. Soal tersebut berasal dari RAB Puskesmas Pakuncen Kabupaten Banyumas. Soal yang dikerjakan oleh peserta adalah penginputan pendapatan RBA berasal berdasarkan jenis asal dana, penginputan biaya RBA berdasarkan jenis biaya, dan penginputan BKM.

Acara pelatihan Pelatihan Pengelolaan keuangan Puskesmas BLUD ditutup pukul 16.30 WIB sore hari. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. Peserta mengaku puas dengan pelatihan yang diselenggarakan oleh PT. Syncore Indonesia karena metode pelatihan di PT. Syncore Indonesia cukup terperinci dan komposisinya cukup bagus antara teori, diskusi, dan simulasi/praktek.

 

Setelah mengikuti pelatihan, peserta yang berasal dari Puskesmas Pekuncen Banyumas tersebut mengaku sangat tertarik dengan software pengelolaan keuangan SYNCORE BLUD dan berharap bisa terjalin kerjasama untuk implementasi Software SYNCORE BLUD.

 

Dapatkan Jadwal Pelatihan Syncore Disini

Download Materi BLU/BLUD

Software BLUdanBLUD

 

Bagaimana cara mengudang PT. Syncore Indonesia untuk pelatihan?

Anda dapat menghubungi:

Diana Septi A

CP: 0877 38 900 800 /training@syncore.co.id

Telepon Kantor: 0274 – 488 599

 

Be Sociable, Share!