Pelatihan Penyusunan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) RSUD Ade Muhammad Djoen Sintang

Rabu, 6 Mei 2015 lalu, SYNCORE kembali menggelar seminar menarik bertemakan Pelatihan Penyusunan Rencanan Bisnis & Anggaran (RBA) RSUD BLUD” di Ruang Merapi Hotel Platinum Yogyakarta Jl. Gowongan Kidul No. 57 Yogyarta. Acara ini diselenggarakan selama dua hari berturut-turut mulai tanggal 6-7 Mei 2015.

Peserta pelatihan merupakan pejabat struktural dari RSUD Ade Muhammad Djoen Sintang. Pada acara tersebut, SYNCORE selaku penyelenggara menghadirkan narasumber yang berpengalaman dibidangnya, Rudy Suryanto, SE.,M.Acc.,Ak.,CA dan Andri Yandono, SE, MM. SYNCORE sendiri merupakan salah satu perusahaan yang mampu menyelenggarakan berbagai pelatihan pengelolaan keuangan, khususnya BLUD.

Salah satu projek pelatihan yang diselenggarakan oleh SYNCORE ini bertujuan agar RSUD, khususnya RSUD Ade Muhammad Djoen Sintang yang menjadi peserta dapat menyusun Rencana Bisnis Anggaran (RBA) dan bisa mempelajari teknik menyusun proyeksi keuangan BLU tahun yang akan datang. RBA sendiri merupakan dokumen yang harus disiapakan oleh suatu lembaga BLUD, dan disini SYNCORE dapat membantu dalam penyusunan dokumen RBA. Tidak hanya RBA bahkan dokumen Tata Kelola, RSB, Standar Pelayanan Minimal (SPM) sampai dengan Laporan Keuangan, SYNCORE siap membantu dalam penyusunanya.

Pukul 08.30 WIB pelatihan di buka oleh Kabag Divisi Training Syncore, Diana Septi A, SE. Pagi itu cuaca cerah sehingga membawa aura positif bagi peserta yang sudah siap mengikuti pelatihan dan mendengarkan materi dari narasumber.

Tepat pukul 09.000 WIB, hari pertama pelatihan menginjak ke acara utama yaitu pemaparan materi oleh narasumber. Sesi pertama, yaitu sesi pengenalan mengenai BLUD dan pengantar RBA yang diisi oleh narasumber yang berpengalaman di bidangnya, Rudy Suryanto, SE.,M.Acc.,Ak.,CA.

Beliau menjelaskan, Rencana Bisnis Anggaran (RBA) merupakan dokumen perencanaan bisnis dan penganggaran yang berisi program atau kegiatan, target kinerja dan anggaran BLUD. Didalam pengganggaran RBA BLUD menggambarkan mengenai rencana tahunan, target, program, kegiatan dan anggaran tahunan. RBA sendiri mempunyai fleksibelitas dalam pengelolaan anggaran BLU, jelasnya.

Sesi Kedua diampu oleh Andri Yandono, SE, MM. Beliau yang syarat akan pengalaman dalam bidang pengelolaan keuangan ini adalah seorang praktisi disalah satu rumah sakit yang ada di Yogyakarta.

Dalam pemaparanya beliau, penerapan pola pengelolaan keuangan BLUD ditetapkan oleh keputusan kepala daerah yang berdasarkan pada hasil penilaian tim penilai. Untuk menjadi BLUD terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya adalah syarat subtantif, syarat teknis, dan syarat administratif (Tata Kelola, RSB, SPM, Laporan Keuangan). Ketiga syarat tersebut kemudian diusulkan yang kemudian akan dievaluasi oleh pemerintah daerah atau bupati. Apabila lolos evaluasi maka RSUD akan di tetepkan menjadi BLUD.

Dalam pemamparanya beliau menjelaskan mengenai muatan sistematika yang ada pada Rencana Bisnis Anggaran (RBA). Didalam RBA terdapat muatan-muatan yang harus ada pada RBA. Beliau menjelaskan satu per satu mengenai muatan disetiap bab yang ada di dalam RBA. muatan yang ada di dalam RBA sendiri terdiri dari lima bab yang masing-masing mempunya isi yang berbeda.

Beliau menambahkan, data pendukung dalam penyusunan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) perlu dilampirkan sebagai data pendukung.

Tentu saja pada pelatihan tersebut, narasumber memberi kesempatan berdiskusi maupun bertanya kepada narasumber mengenai materi yang disampaikan.

Pelatihan ini selesai pada hari Kamis 7 Mei 2016 pukul 16.00 WIB. Acara ini berjalan dengan lancar dan sukses terbukti dengan respon peserta yang positif. Peserta yang hadir dalam pelatihan ini pun berharap agar ilmu yang mereka dapat dari pelatihan dapat meraka implemetasikan secepatnaya.

 

Dapatkan Jadwal Pelatihan Syncore Disini

Download Materi BLU/BLUD

Software BLUdanBLUD

 

Bagaimana cara mengudang PT. Syncore Indonesia untuk pelatihan?

Anda dapat menghubungi:

Rahmadani Lutfiawati

CP: 082 274 900 800 / fia@syncoreconsulting.com

Diana Septi A

CP: 0877 38 900 800 /training@syncore.co.id

Telepon Kantor: 0274 – 488 599

Be Sociable, Share!