Pelatihan Penyusunan Rencana Bisnis & Anggaran (RBA) RSUD BLUD – RSUD Abdul Rivai Berau Kalimantan

SYNCORE dipercaya kembali untuk menggelar pelatihan bertema “Pelatihan Penyusunan Rencana Bisnis & Anggaran (RBA)”. Suatu kehormatan bagi SYNCORE dipercaya oleh RSUD Abdul Rivai Berau Kalimantan dalam menyelenggarakan pelatihan ini. Bukan untuk kali pertama Pelatihan Penyusunan Rencana Bisnis & Anggaran (RBA) digelar oleh SYNCORE, karena pada dasarnya SYNCORE merupakan perusahaan yang sudah berpengalaman dalam menyelengarakan pelatihan di bidang pengelolaan keuangan Puskesmas, Rumah Sakit maupun Perguruan Tinggi dengan tema yang beragam.

Pelatihan Penyusunan Rencana Bisnis & Anggaran (RBA) ini diselenggarakan di Ruang Abimantu III Hotel Grage Jogja yang terletak di Jl. Sosrowijayan No. 242 Malioboro Yogyakarta tidak jauh dari kawasan perbelanjaan malioboro. Peserta pelatihan merupakan pejabat struktural dari RSUD Abdul Rivai Berau Kalimantan.

Sebagai penyelenggara SYNCORE pun menghadirkan narasumber yang berkompeten dan berpengalaman dibidangnya Rudy Suryanto, SE.,M.Acc.,Ak.,CA; dan Andri Yandono, SE, MM hadir untuk mengisi materi pelatihan penyusunan RBA. Narasumber tersubut akan memaparkan materi yang berbeda, yang tidak lepas dari penyusunan RBA.

Sesi pertama di isi oleh narasumber Rudy Suryanto, SE.,M.Acc.,Ak.,CA, seorang akademisi dan dosen disalah satu perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta. Beliau menjelaskan materi mengenai permasalahan dan kendala umum penyusunan RBA. RBA merupakan dokumen perencanaan bisnis dan anggaran tahunan yang berisi program, kerja, SPM, taget kinerja dan anggaran BLUD. Dalam penyusunan RBA tentu saja ada kendala yang di hadapi oleh manejemen rumah sakit dalam penyusunanya. Sebenarnya Rencana Bisnis & Anggaran (RBA) merupakan pengganti dari Rencana Kerja & Anggaran (RKA) bagi perangkan daerah tang telah menerapkan PPK-BLUD. Tetapi ada prinsip yang berbeda antara RBA dan RKA, jika RKA menganggarkan mengenai rencana kegiatan, pada RBA menganggarkan mengenai rencana bisnis. Dalam rangka membantu RSUD dalam menyusun RBA, maka disini SYNCORE bisa membantu yang bisa dijadikan patner dalam penyusunan RBA agar dapat menerapkan PPK-BLUD secara benar.

Pada sesi kedua di isi oleh narasumber Andri Yandono, SE, MM, beliau menjelaskan untuk menghitung proyeksi pendapatan tahun selanjutnya, maka rumah sakit harus mengetahui potensi yang ada misalnya dari tingkat kunjungan atau tarif, dari itulah dapat diketahui berapa anggaran selama 1 tahun dan dapat dilihat dari sisi belanja idealnya. Yang pasti pendapatan akan mengikuti biaya yang akan dikeluarkan, jelasnya.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari tersebut berlangsung dengan sukses. Terbukti dengan respon peserta yang positif dan aktif bertanya untuk mengambil kesempatan mendapat ilmu mengenai penyusunan RBA yang di paparkan oleh narasumber yang dapat mereka implementasikan di rumah sakit yang sedang mereka tangani. Tentu saja, ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi SYNCORE selaku penyelenggara yang di percayakan oleh RSUD Abdul Rivai Berau Kalimantan. Dari tanggapan, peserta mengaku puas akan pelatihan yang mereka ikuti karena sesuai dengan kebutuhan yang mereka harapkan.

 

 

Dapatkan Jadwal Pelatihan Syncore Disini

Download Materi BLU/BLUD

Software BLUdanBLUD

 

Bagaimana cara mengudang PT. Syncore Indonesia untuk pelatihan?

Anda dapat menghubungi:

Rahmadani Lutfiawati

CP: 082 274 900 800 / fia@syncoreconsulting.com

Diana Septi A

CP: 0877 38 900 800 /training@syncore.co.id

Telepon Kantor: 0274 – 488 599

Untuk informasi lebih lengkap kunjungi web kami : www.syncore.co.id

Be Sociable, Share!