Pengertian Teknologi Akuntansi

Pengertian Teknologi Akuntansi (29/09/2017) – Tidak banyak membutuhkan waktu yang lama dan cepat tapi pasti perkembangan teknologi akan semakin memudahkan dan membantu kegiatan kita dalam kehidupan sehari hari, begitu juga dalam perkembangan dunia yang berhubungan dengan manajemen keuangan dan akuntansi. dewasa ini sering kita mendengar istilah tentang teknologi akuntansi. sebenarnya apa itu istilah tentang teknologi akuntansi itu sendiri.

Menurut hemat saya teknologi akuntansi adalah Penerapan perangkat lunak aplikasi komputer yang bertujuan untuk membantu dan memudahkan kegiatan kita dalam pengelolaan manajemen akuntansi keuangan yang sebelumnya masih menggunakan cara konvensional menuju ke paperless.

Dalam piramida organisasi dan perusahaan, tugas dan fungsi akuntansi berada pada tingkatan operasional dan transaksional. Tingkatan ini punya karakteristik pekerjaan teknis, repetitif, prosedural, standar dan juga dapat membuat bosan. karakteristik inilah yang membuat kebutuhan teknologi akuntansi diperlukan dalam perkembangan bidang akuntansi.

Saat ini, kita sudah banyak melihat munculnya istilah enterprise systems, e-business, business intelligence, conforming to assurance and compliance standards, IT governance, business continuity management, privacy management, business process improvement, mobile and remote computing, XBRL, dan knowledge management yang menunjukkan bahwa dunia akuntansi akan semakin kompleks di masa depan. Perkembangan ini tidak lantas membuat akuntansi menjadi semakin rumit dipelajari, tetapi membuat dunia akuntansi lebih menarik. Dari perkembangan ini pula, peran dan fungsi akuntan dapat meliputi tiga bidang: perancang, pengguna dan pemeriksa (auditor). Dalam ketiga peran ini, akuntan akan sangat membutuhkan TI akan dalam meningkatkan kualitas kerjanya.

Pada saat ini, beberapa teknologi akuntansi mulai dari yang berbasis aplikasi komputer (seperti Zahir Accounting, MYOB, MOAE, dll) sampai yang berbasis aplikasi cloud (seperti di Demo Aplikasi Pengelolaan Keuangan Akuntansi). Untuk sebuah perusahaan besar, biasanya mereka akan menggunakan aplikasi akuntansi berbasis software. Hal ini dikarenakan, perusahaan tidak ingin mengambil resiko jika menggunakan software akuntansi berbasis cloud. Meskipun demikian, harga software akuntansi juga lebih mahal jika dibandingkan dengan yang berbasis cloud. Sedangkan penggunaan aplikasi akuntansi berbasis cloud seperti Blud.co.id lebih banyak digunakan oleh perusahaan kecil dan menengah (baik untuk pemerintahan dan swasta)

(Baca juga: Aplikasi Pengelolaan Keuangan BLUD).

Kelebihan dari aplikasi berbasis cloud ini adalah lebih ringan dan tidak memiliki sistem yang kompleks. Meskipun sederhana tetapi fitur-fitur yang ada tidak mengurangi prinsip akuntansi yang sebenarnya, sehingga lebih mudah dipahami dan digunakan.

Kesimpulan Teknologi Akuntansi

Perkembangan teknologi informasi akuntansi saat ini sudah berkembang dengan sangat maju. Berbagai macam software dan aplikasi akuntansi sudah dapat kita temui di masyarakat. Software dan aplikasi ini tentunya dapat memudahkan perusahaan-perusahaan, baik perusahaan besar atau UKM, untuk melakukan pencatatan dan pembukuan transaksi keuangan.

Perkembangan teknologi informasi akuntansi juga ternyata memberi dampak kepada kinerja akuntan. Dengan menggunakan teknologi ini, diharapkan akuntan akan dapat meningkat kualitas dan kuantitas kerjanya.

Be Sociable, Share!