nirlaba, Pola Klaster Koperasi Siap Dorong UMKM Berkembang

Pola Klaster Koperasi Siap Dorong UMKM Berkembang

Untuk itu, maka dilakukan pengambaran akses pembiayaan berdasar kelayakan usaha dan
kapasitas usaha oleh pemerintah melalui koperasi guna memenuhi persyaratan perbankan untuk penyaluran pembiayaan/kredit atau yang lebih dikenal dengan klaster.

Secara umum para pelaku usaha dapat dikelompokkan dalam kondisi belum layak usaha dan belum bankable, layak usaha dan belum bankable, layak usaha dan bankable, serta layak go public di pasar modal. Dengan asumsi modal sendiri sebesar 40% dan kebutuhan dukungan permodalan sebesar 60%, maka perkiraan kebutuhan permodalan dan pola pembiayaan UMKM dapat dijelaskan berdasarkan klaster sebagai berikut :

Contohnya, klaster 1 adalah kelompok usaha mikro yang kondisinya belum layak usaha dan belum bankable sehingga mempunyai resiko tinggi dalam pengembalian modal yang diberikan.
Dalam klaster ini, kebijakan dan pola pembiayaan yang perlu diupayakan adalah perlindungan dan pemberdayaan masyarakat dapat menjalankan usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, antara lain melalui program

PNPM – Mandiri, penyediaan bantuan modal, model pembiayaan bantuan sosial atau hibah, penyediaan bantuan teknis dalam bentuk pelatihan dan pendampingan.

Klaster 2 dan 3, adalah kelompok usaha mikro dan kecil yang layak usaha dan belum bankable dan mempunyai resiko rendah dalam pengembalian modal yang diberikan. Dalam klaster ini kebijakan dan pola pembiayaan yang perlu diupayakan adalah perlindungan dan pemberdayaan agar usaha yang dijalankan dapat mandiri dan memiliki kesiapan dalam menghadapi persaingan pasar, antara lain dilakukan melalui program Kredit Usaha Rakyat (PNPM – Mandiri), penurunan suku bunga kredit, mengembangkan lembaga penjaminan mendorong tumbuh dan berkembangnya Perusahaan Pembiayaan dan Modal Ventura serta pendirian Bank Usaha Mikro dan Kecil (Bank UMK).

Klaster 4 dan 5, adalah kelompok usaha kecil dan menengah yang layak usaha dan bankable serta mempunyai resiko rendah dalam pengembalian modal yang diberikan. Klaster 6, adalah kelompok usaha menengah yang layak usaha dan bankable serta layak go public.

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply