Salurkan dan Manfaatkan Dana Desa Untuk Pulihkan Ekonomi Nasional

Salurkan dan Manfaatkan Dana Desa Untuk Pulihkan Ekonomi Nasional

Ditengah kondisi perekonomian nasional yang dilanda masalah akibat terus menguatnya nilai tukar Dolar Amerika Serikat (USD) terhadap Rupiah (Rp), pemerintah justru sibuk mengusahakan agar dana desa segera cair dan dimanfaatkan.

Bukan tanpa alasan, menurut mereka cita-cita Persiden Jokowi yang ingin membangun dari pinggiran bisa dijadikan jalan keluar bagi permasalahan ini. Salah cara membangun dari pinggiran itu adalah dengan segera mencairkan dan memanfaatkan dana desa sebagaimana mestinya.

Dilansir dari laman okezone.com, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendesa PDTT) Marwan Jafar bahkan mengaku sangat optimis bahwa desa dengan dibantu dana desa memiliki peran yang sangat strategis dalam pemulihan kondisi perekonominan nasional.

“Dana desa yang sudah diterima desa langsung digunakan untuk membangun berbagai infrastruktur desa seperti jalan desa, irigasi, jalan usaha tani, sanitasi, embung, dan lainnya, hal ini besar sekali dampaknya terhadap pemulihan ekonomi desa yang tadinya ikut terkena imbas melambatnya perekonomian nasional,” ujar Marwan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (25/9/2015).

Selain menyerap langsung, kata Marwan banyak warga desa yang bekerja di proyek-proyek infrastruktur desa, juga muncul berbagai kegiatan usaha ekonomi. Seperti usaha material, usaha kuliner, usaha pakaian, jasa transportasi, dan usaha lainnya yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan proyek dan para pekerja.

Politikus PKB ini tidak terlalu merisaukan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebut terjadinya peningkatan jumlah penduduk miskin di perdesaan sebanyak 570 ribu orang pada bulan Maret 2015 menjadi 17,94 juta orang dari sebelumnya 17,37 juta orang pada bulan September 2014.

“Data tersebut bulan Maret sebelum transfer dana desa dari Pusat ke daerah, jadi saya optimis saat ini kondisinya pasti berbeda karena dana desa sudah diterima desa dan digunakan untuk membangun infrastruktur desa yang menyerap banyak tenaga kerja,”bebernya.

Sekaligus juga menciptakan banyak peluang usaha, menggerakkan aktifitas ekonomi, meningkatkan daya beli dan kesejahteraan masyarakat desa. “Ini artinya dana desa berdampak langsung terhadap pemulihan perekonomian desa” tutupnya.

Ingin tahu lebih banyak cara memdapatkan, memanfaatkan dan mempertanggungjawabkan dana desa? Hubungi kami di :
Lembaga Kajian Pemberdayaan Masyarakat Desa (LKPMD)
SYNCORE BUILDING
JLN SOLO KM 9 YOGYAKARTA 55282
Telp 0274-488599 Phone: 087738 900 800
Email : deny@syncoreconsulting.com

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply