Sekolah Manajemen BUMDes: Menggali Potensi Desa yang ada di Bantul

Pada Sabtu, 11 Maret 2017 lalu, SYNCORE melaksanakan pendampingan BUMDes. Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan dari Sekolah Manajemen BUMDes yang telah di lanching pada Sabtu, 18 Februari 2017 Lalu.

Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan di Balai Desa Wonokromo Bantul Yogyakarta, salah satu desa yang telah memiliki BUMDes yang ada di Bantul 2 tahun yang lalu.

Pendampingan BUMDes ini melibatkan 3 desa yang ada di Bantul; (1) Desa Wonokromo, (2) Desa Srimartani dan (3) Desa Srimulyo.

Pada pendampingan ini peserta melakukan kegiatan diskusi yang merupakan inti dari kegiatan. Kegiatan diskusi dilakukan untuk menggali potensi dari masing-masing desa. Dari diskusi tersebut peserta saling bertukar informasi mengenai potensi yang bisa dikembangkan di desa.

 

Pertama,dari Desa Wonokromo.

Desa yang terletak di sebelah timur dari Kabupaten Bantul ini memiliki segudang potensi yang dapat dikembangkan.

Apa sajakah itu?

Mari kita gali satu per satu…

(1) Pasar Wonokromo, aktifitas jual beli hewan terjadi di Pasar Wonokromo ini dan akan ramai pada hari-hari tertentu. Namun selama ini hewan yang dijual hanya sebatas hewan unggas, untuk kedepanya potensi ini dapat dikembangkan dengan menjual hewan lainya seperti kambing maupun sapi.

(2) Sungai Wonokromo, di Desa Wonokromo terdapat sungai yang bisa di manfaatkan sebagai wisata air.

(3) Kios Pasar, sebenarnya kios pasar ini sudah pernah ada, namun saat terjadi gempa 2006 lalu, kios pasar ambruk sehingga tidak dapat ditempati lagi untuk kegiatan berjualan. Kios ini bisa di bangun kembali untuk sarana jual beli bagi warga dan bisa di jadikan salah satu potensi yang ada di Desa Wonokromo yang sukup berpotensial.

(4) Kuliner Pasar Sore, jalan disepanjang Wonokromo termasuk kawasan yang ramai akan lalu lalang kendaraan, untuk memanfaatkanya, di sepanjang jalan Wonokromo dapat di jadikan sebagai kuliner pasar sore.

(5) Tanah Kas Desa, tanah kas yang terbengkali dapat dijadikan potensi yang menguntungkan untuk disewakan yang di gunakan sebagai tempat usaha.

 

Kedua, Desa Srimartani

Salah satu desa yang terletak di Kecamatan Piyungan Bantul.

Apa saja potensi yang dimiliki di desa ini?

Mari kita lihat…..

(1) Usaha Kulit, desa ini memiliki potensi usaha kulit yang menghasilkan sepatu, jaket, tas.

(2) Usaha Mabel, selain usaha kulit, usaha mebel dari bahan kayu dan bambu ada di desa ini. Hasil dari kerajinan ini pun beragam mulai dari kursi, meja, lemari dan sebagainya.

(3) Makanan Camilan, makanan yang diproduksi disini merupakan camilan yang dijual ke home industri, pasar maupun pedagang keliling.

(4) Wedang Uwuh, selain makanan camilan wedang uwuh menjadi minuman menyehatkan yang diproduksi oleh usaha rumahan.

(5) Alat Rumah Tangga, produksi alat rumah tangga yang terbuat dari kayu dan bambu yang menghasilkan produk seperti entong, sendok, garpu, piring dan sejenisnya.

(6) Pertanian, hasil pertanian seperti padi, jagung, ubi kedepanya dapat di dikumpulkan dan dijual ditempat itu.

 

Terakhir, Desa Srimulyo.

Desa ini memiliki potensi desa yang hampir sama dengan Desa Srimartani yang terdiri dari usaha mabel, makanan camilan serta pertanian. Hanya saja Desa Srimulyo ini memiliki suatu potensi wisata yaitu ‘Watu Amben” wisata yang menyajikan pemandangan kota jogya yang indah yang bisa di lihat diatas pengunungan.

 

Harapanya dari diskusi mengenai potensi yang telah didiskusikan dari masing-masing desa tersebut, SYNCORE dapat memfasilitasi dengan melakukan mendampingi dan membantu merealisasikan potensi usaha sehingga tidak hanya sekedar menjadi potensi saja tetapi dapat dijadikan sebagai alat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Harapan kedua, SYNCORE dapat mengajarkan tata kelola BUMDes yang baik. Dengan mengetahui pola tata kelola, paling tidak dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai BUMDes, membantu desa dalam mempersiapkan pembentukan, regulasi serta perencanaan usaha atau bisnis yang dikelola oleh desa.

Kegiatan ditutup oleh Bapak Sihono selaku tuan rumah dari Desa Wonokromo dan diakhiri dengan foto bersama.

 

Dapatkan Jadwal Pelatihan Syncore Disini

Download Materi BUMDes

 

 

Bagaimana cara mengudang PT. Syncore Indonesia untuk pelatihan?

Anda dapat menghubungi:

Diana Septi A

CP: 0877 38 900 800 /training@syncore.co.id

Be Sociable, Share!