Seminar Implementasi Undang-Undang Desa bersama Menteri Desa

rIMG_0328

Seminar Persiapan Implementasi UU Desa dengan Pembicara Menteri Desa Marwan Jafar telah terlaksana dengan baik pada tanggal 6 Maret 2015.  Ada beberapa poin penting yang bisa dicatat dari Seminar tersebut antara lain

  1. Kita harus merubah paradigma dari membangun desa menjadi desa membangun
  2. Dana Desa sudah disetujui sebesar 20T atau rata-rata Rp 285juta per Desa diperkirakan akan cair pada bulan April sebesar 40%
  3. Untuk dapat menggunakan dana yang sudah cair tersebut maka harus ada Perbub (Peraturan Bupati) untuk mengatur alokasi dana di tiap-tiap desa. Saat ini baru ada 3 kabupaten yang telah menyelesaikan perbub tentang alokasi dana desa tersebut.
  4. Kewajiban desa adalah menyusun RPJMDes dan APB Des , harus selesai sebelum April 2015 untuk dapat menggunakan dana desa tersebut.
  5. Untuk membantu agenda-agenda tersebut bisa terlaksana dengan baik diperlukan pendamping. Pendamping akan diambil dari pendamping PNPM yang lolos seleksi dan mengikuti ToT.

Silahkan download materi seminar desa dan workshop silahkan link klik berikut.

IMG_0447

Selain bapak Menter ada beberapa pembicara lain yaitu Prof Mudrajad Kuncoro, Bupati Tegal Enthus Susmono, Suprayoga Hadi (Dirjen Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa).

Untuk isu-isu strategis lain yang dibahas dalam Seminar tersebut akan kami bahas dalam posting berikutnya.

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply