Sosialisasi Pembentukan BUMDes Di Desa Wonokromo Bantul Yogyakarta

Sosialisasi dan Fasilitasi Pembentukan BUMDes terus dilakukan oleh tim dari PT. Syncore Indonesia. SYNCORE merupakan perusahaan yang berfokus pada konsultan UKM, BLUD, training, media, software dan sekarang mulai mengembangkan sayapnya ke arah BUMDes. Kali ini sosialisasi BUMDes dijadwalkan di Desa Wonokromo Bantul Yogyakarta.

 

Sosialisasi diikuti oleh carik, lurah dan tokoh masyarakat Desa Wonokromo Bantul dengan narasumber Rudy Suryanto,S.E.,M.Acc.,Ak.,CA, akademisi keuangan dan Dosen.

 

Acara sosialisasi di buka oleh Carik Wonokromo Bantul, yang memberikan gambaran tentang potensi yang ada di Desa Wonokromo Bantul. Secara Ekonomi Desa wonokromo terdapat pasar desa, kawasan kaki lima, kawasan onderdil, Bank Bantul, serta pom bensin.

Jumlah penduduk 12.992 jiwa dengan jumlah laki-laki 6.421 dan perempuan 6.571. Kebanyakan mata pencaharian pokoknya adalah buruh tani dan buruh lepas. Desa ini juga terdapat kandang kelompok dan juga perikanan darat yang berpotensi baik, jelasnya.

 

 

Pada sesi selanjutnya, Bapak Rudy Suryanto selaku narasumber memberikan paparan materi mengenai BUMDes. Lembaga yang bisa menerima dana desa hanya BUMDes, tahun ini target pemerintah untuk BUMDes adalah 5000 BUMDes, tetapi baru tercapai 1700.

 

 

Beliau juga menambahkan, untuk memulai BUMDes hal yang dilakukan pertama adalah melakukan pemetaan yang terdiri dari bidang usaha, bentuk organisasi, modal, alokasi laba, pelaporan pertanggungjawaban, pengawasan dan pembinaan.

 

Tujuan BUMDes:

  1. Meningkatkan perekonomian desa
  2. Mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa
  3. Meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaaan potensi ekonomi desa
  4. Mengembangkan rencana kerjasama usaha antar desa
  5. Menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga
  6. Membuka lapangan kerja
  7. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa
  8. Meningkatkan pendapatan masyarakat Desa dan PADesa

Pada sosialisasi tersebut pihak Desa Wonokromo akan membentuk tim kecil untuk selanjutnya akan dijadwalkan konsultasi dengan pendamping BUMDes.

 

Dapatkan Jadwal Pelatihan Syncore Disini

Download Materi BUMDes

 

Bagaimana cara mengudang PT. Syncore Indonesia untuk pelatihan?

Anda dapat menghubungi:

Diana Septi A

CP: 0877 38 900 800 /training@syncore.co.id

Telepon Kantor: 0274 – 488 599

Be Sociable, Share!