Turn Your Busniness Into Autopilot

Apabila di artikel saya yang sebelumnya membahas mengenai bagaimana menjalankan sebuah usaha nah artikel ini adalah kelanjutan dari artikel yang sebelumnya. Kali ini saya akan membahas mengenai konsep dasar business system auto pilot.

Terdapat 5 Objective didalam konsep dasar business system auto pilot yang diantaranya adalah:

Objective 1 penentuan indikator startegis, dalam penentuan indikator startegis menggunakan Balanced Scrorecard (BSC) yang didalamnya terdapat:

  1. Perspective finance
  2. Perspective customer
  3. Perspective internal business process
  4. Perspective learning & growth

Apakah anda pernah mendengan istilah BSC? BSC adalah Suatu alat manajemen kinerja yang dapat membantu organisasi untuk menerjemahkan visi dan strategi ke dalam aksi dengan memanfaatkan sekumpulan indikator finansial dan non finansial yang kesemuanya terjalin dalam suatu hubungan sebab-akibat. BSI secara lengkap tersusun dari peta strategi, sasaran strategik, KPI, target dan action plan.

Objective 2 sasaran strategis dan peta strategis. Didalam sasaran strategis anda harus dapat memetakan strategi berdasarkan 4 Perspective, sasaran startegis berdasarkan peta startegis, kemudian KPI dan target.

Kegagalan dalam bisnis yang sering terjadi antara lain:

  1. Visi strategi tidak dapat dijalankan dengan baik
  2. Strategi tidak terhubungkan dengan sasaran-sasaran, departemen, tim dan individu
  3. Strategi tidak terhubungkan dengan alokasi sumber daya
  4. Tidak adanya pembelajaran strategis

Objective 3 Penyusunan traget dan program, didalam penyusunan target dan program anda harus dapat melakukan identifikasi terhadap peluang dan ancaman yang ada di eksternal atau internal perusahaan anda dengan begitu anda dapat membuat strategi berdasakan hasil dari identifikasi tersebut.

Objective 4 Proses bisnis utama VS Pendukung

  1. Proses bisnis utama (customer oriented)
  2. Proses bisnis pendukung
  3. Proses bisnis pengembangan

Objective 5 Indentifikasi aktivitas dan job rule, dapat dilakukan dengan menggunakan:

  1. Observasi
  2. narasi
  3. flowchart

Untuk lebih jelasnya lagi anda dapat mengikuti Workshop yang diadakan oleh PT Syncore. Berikut merupakan foto peserta yang ikut di dalam workship Business Plan

Suana worhsop Business Plan

 

 

 

 

 

 

Be Sociable, Share!