Facebook, Media Sosial Terfavorit di Dunia

Internet kian marak digunakan di seluruh penjuru dunia. Baik kalangan remaja hingga usia senja mulai menggunakan internet sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dengan gadget, seseorang dapat mengakses internet setiap saat dan dimana pun mereka berada. Lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan internet, jumlahnya meningkat 38 juta orang sejak Januari 2017. Kenaikan ini menandakan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia mencapai 51%, atau bisa dikatakan pengguna internet lebih banyak daripada bukan pengguna. Dari data ini tentu masih ada kemungkinan peningkatan jumlah pengguna internet secara pesat.

Dari 3,8 milyar orang, 2,9 milyarnya aktif menggunakan media sosial. Tentu saja angka ini bisa terjadi, tak lengkap rasanya jika menggunakan internet tanpa mengakses media sosial. Melalui media sosial seseorang dapat melakukan pertukaran informasi baik dalam hal pekerjaan atau hanya sekedar basa-basi. Lain halnya bagi seorang pebisnis, media sosial dianggap sebagai pasar yang sangat potensial dan dapat dimanfaatkan untuk memperlancar bisnisnya.

Beberapa media sosial mulai bertebaran di Indonesia. setiap media sosial tentu mempunyai karakter dan sasaran pengguna masing-masing. Persaingan media sosial sangat ketat, beberapa vendor dituntut untuk melakukan inovasi untuk menjaring calon penggunanya. Dari waktu ke waktu, beberapa media sosial perlahan mulai ditinggalkan oleh penggunanya. Namun, ada juga yang masih bertahan bahkan mengalami peningkatan jumlah pengguna diantaranya facebook, instagram, youtube, dll.

Dari data tersebut, Facebook sangat mendominasi dunia media sosial dengan tambahan 97 juta pengguna dalam waktu tiga bulan terakhir. Artinya, Facebook punya lebih dari sejuta pengguna baru setiap harinya.

Pengguna facebook sudah mencapai angka 1,9 milyar dan 89 % mengakses lewat gadget mereka. Hampir setiap waktu dalam sehari facebook diakses oleh para pengguna. Ditinjau dari jenis kelamin, pengguna facebook dari kaum laki-laki sedikit lebih banyak daripada perempuan.

Facebook yang memiliki fitur cukup lengkap bisa menjadi faktor mengapa banyak orang menggunakannya. Seorang pengguna facebook tidak hanya dapat menuliskan kabar berita dengan banyaknya karakter , tetapi juga bisa mengunggah foto maupun video. Dari hal tersebut memungkinkan pesan yang disampaikan lebih mudah untuk diterima orang lain. Ada pun fitur facebook messenger yang memfasilitasi pertukaran pesan secara intim.

Facebook memiliki sistem pertemanan yang tidak rumit. Dengan menambahkan seseorang yang kita kenal maupun tidak sebagai teman, kemudian pengguna yang lain menerima permintaan pertemanan tersebut maka pertukaran informasi dapat dilakukan di beranda masing-masing.

Beralih ke instagram, pertumbuhan pengguna tidak hanya dirasakan oleh facebook saja tetapi instagram juga mengalami hal yang sama. Media sosial untuk berbagi foto dan video pendek ini berhasil merebut hati para pengguna internet di dunia.Sangat memungkinkan pengguna instagram akan terus mengalami peningkatan di setiap tahunnya.

Sedangkan youtube sebagai media sosial berbasis layanan berbagi video masih memiliki pengguna setianya. Media sosial ini adalah salah satu anak perusahaan Google. Youtube dapat dimanfaatkan untuk memberikan informasi, ilmu pengetahuan bahkan hiburan kepada pengakses youtube di seluruh dunia.

Jika facebook konsisten merajai media sosial, lain halnya dengan Twitter. Meskipun berusia sedikit lebih muda dari facebook. Twitter kini mulai ditinggalkan penggunanya yang kini beralih ke media sosial yang lain.

Meskipun mengalami penurunan pengguna, twitter masih menjadi media sosial yang patut diperhitungkan. Dari kalangan dewasa atau tokoh politik masih setia dengan twitter untuk bersosial media. Bahkan belakangan twitter digunakan sebagai media kampanye untuk kepentingan politik. Dengan hashtag (#) yang menempati posisi teratas, suatu berita atau bahkan personal dapat menjadi perhatian semua pengguna twitter.

Twitter memiliki sistem pertemanan yang berbeda dengan facebook, yaitu following (mengikuti) dan follower (pengikut). Dengan twitter, pengguna dapat menuliskan informasi yang disebut tweet kepada followersnya. Sebaliknya, postingan yang muncul di beranda pengguna adalah tweet dari akun yang diikuti. Tweet dibatasi hanya 120 karakter, namun sekarang berkembang menjadi 140 karakter.

Kesimpulannya, semakin gencarnya media sosial dalam melakukan inovasi dapat menentukan keberhasilan media tersebut dalam menjaring maupun mempertahankan penggunanya. Seperti halnya yang dilakukan oleh facebook. Meskipun termasuk media sosial yang bisa dikatakan tua, namun hingga kini facebook mampu bersaing bahkan menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.