pengelolaan keuangan sekolah

Rencana Bisnis Dan Anggaran Untuk Badan Layanan Umum Daerah

Penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran atau RBA bagi BLUD sangatlah penting. RBA merupakan dokumen wajib yang harus disusun setiap tahun oleh masing-masing BLUD. RBA ini merupakan rencana jangka pendek satu tahunan sebagai implementasi rencana jangka panjang lima tahunan yang tertuang dalam dokumen RSB. Dokumen ini dususun sebagai pedoman dalam pelaksanaan dan pencapaian anggaran. RBA tidak terlepas dari Rencana Kerja Anggaran atau yang disebut dengan RKA. Lantas bagaimana proses penyusunan RBA dan RKA BLUD ?

RBA dibuat terinci sedangkan RKA dibuat gelondongan dan hanya terdiri dari tiga belanja yaitu belanja pegawai, belanja barang dan jasa, dan belanja modal. Syncore Indonesia menyediakan sebuah software yang dapat membantu puskesmas dalam penyusunan RBA. Menu-menu yang tersedia dalam software ini berupa menu pagu sumber dana, pagu kegiatan, pendapatan dan biaya. Pagu sumber dana merupakan ambang batas sumber dana yang digunakan BLUD untuk kegiatan operasionalnya selama 1 tahun. Pada menu ini user dapat memasukkan data jenis-jenis pendapatan, yang kemudian diisikan kembali pada pagu kegiatan. Pendapatan dan biaya juga dapat di-input-kan ke sistem tersebut sesuai dengan RKA yang dimiliki oleh user.

Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) merupakan sebuah dokuen yang terdiri dari 5 BAB. Pada Bab I berisikan tentang gambaran umum lembaga tersebut atau dalam hal ini adalah puskesmas. Bab II dijelaskan bagaimana mengukur prognosa atau perkiraan pencapaian pendapatan dan biaya tahun berjalan. Bab III berisi mengenai rencana bisnis dan anggaran tahun mendatang teerdiri dari analisis SWOT yaitu mengegnai perkiraan kelebihan, kekurangan, peluang dan ancaman di tahun mendatang, rencana peningkatan pelayanan seperti sasaran, target, kinerja dan strategi, analisis faktor eksternal dan internal. Sedangkan Bab IV berisi proyeksi keuangan yang dapat disusun melalui software yang sudah dijelaskan di awal. Dan diakhiri dengan penutup yangn berada di Bab V. Lampiran dokumen ini berisikan rincian pendapatan, rincian biaya yang harus ditampilkan adalah rincian biaya, biaya per sumber, biaya per jenis, ringkasan program dan kegiatan, biaya rekap per unit, biaya rincian kegiatan per unit dan biaya per kegiatan.

Referensi : Penyusunan Rencana Bisnis Dan Anggaran Badan Layanan Umum