PUSKESMAS DI KOTA TANGSEL SEGERA DITETAPKAN MENJADI BLUD

Pada pertengahan bulan Juli 2019 Puskesmas Kota Tangsel melakukan pelatihan mengenai Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD). Pelatihan ini mendatangkan pihak Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Puskesmas, Menteri Dalam Negeri, praktisi BLUD, dan Tim Syncore selaku konsultan BLUD.

Bukan kali pertama, Puskesmas sebelumnya telah melakukan pelatihan mengenai tentang BLUD pada tahun 2018. Meski telah mengajukan permohonan penerapan BLUD, rupanya Puskesmas di Kota Tangsel belum juga disahkan menjadi BLUD. Hal ini disebabkan oleh dokumen syarat administratif yang diajukan masih belum benar dan melalui beberapa perbaikan.

Dengan adanya diskusi selama pelatihan, pihak Kemendagri menyatakan bahwa melengkapi dokumen syarat administratif tidaklah sulit. Format dokumen antar puskesmas tidaklah berbeda, karena mengacu pada standar penilaian dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (SE Mendagri) Nomor 981/1011/SJ. Selama indikator dalam SE Mendagri tersebut terpenuhi, maka Puskesmas dapat ditetapkan menjadi BLUD.

Pelatihan mengenai PPK-BLUD yang dilaksanakan selama tiga hari di Meeting Room Hotel Ibis Gading Serpong, Tangerang Selatan didampingi oleh konsultan dari Syncore. Selain menyimak pemaparan materi dari narasumber, Puskesmas juga belajar menyusun RBA dan menatausahakan pendapatan dan belanja hingga tersaji laporan keuangan. Praktik tersebut menjadi lebih mudah dengan adanya software sebagai tool yang memudahkan para penggunanya. Hanya dengan menginput (mengisikan) transaksi ke dalam software maka report atas inputan tersebut dapat langsung dilihat dan dicetak.

Dengan adanya pelatihan mengenai PPK-BLUD ini, meskipun Puskesmas belum ditetapkan menjadi BLUD, maka diharapkan Puskesmas dapat lebih dulu mengerti dan mempersiapkan dengan baik penerapan BLUD. Pihak Dinkes juga mengharapkan agar Puskesmas di Kota Tangsel bisa selangkah lebih maju dari daerah lain. Selain itu, penetapan BLUD juga akan disegerakan.

Referensi : SYNCORE KEMBALI DAMPINGI PUSKESMAS MENJADI BLUD