PROSES SELEKSI PEGAWAI BLUD #2

ii. Seleksi

Menururt Rivai dalam Subekhi & Jauhar (2012:138), seleksi adalah kegiatan dalam manajemen sumber daya manusia yang dilakukan setelah proses rekrutmen seleksi dilaksanakan, dimana telah terkumpul sejumlah pelamar yang memenuhi syarat untuk kemudian dipilih mana yang dapat ditetapkan sebagai karyawan dalam suatu perusahaan.

  1. Metode Seleksi

Metode seleksi terbagi menjadi dua yaitu metode seleksi administrasi dan metode seleksi manajemen.

  • Metode seleksi ilmiah atau administrasi : Berupa tes teori dan praktek sesuai dengan bidang pekerjaan. Sebagai contoh : untuk mengisi jabatan IT seorang pelamar harus melalui tes teori dengan mengerjakan soal tertulis mengenai teori IT, dan untuk tes praktek seorang pelamar harus mengerjakan 1 soal berupa praktek menggunakan komputer. Terdapat pula tes diluar praktik atau teori, tes kepribadian, tes bakat dan tes kesehatan.
  • Metode seleksi non ilmiah atau manajemen : pada metode ini pelamar yang telah dinyatakan lulus tes administrasi selanjutnya melakukan wawancara HRD. Akan tetapi sebelum wawancara HRD pelamar juga telah melalui wawancara dengan pihak ke tiga.

    2. Seleksi Administrasi

Pada tahap seleksi ini adalah seleksi dengan memilih pelamar yang memenuhi persyaratan administratif berdasarkan syarat tertentu misalnya dari dokumen :

  1. Surat Lamaran Kerja
  2. CV
  3. Fotocopy KTP yang berlaku
  4. Pas Foto 4×6 terbaru warna
  5. Fotocopy ijazah terakhir dilegalisir
  6. Fotocopy transkrip nilai dilegalisir
  7. Fotocopy sertifikat akreditasi jurusan di kampus dilegalisir
  8. dan berkas lainnya yang menjadi persyaratan

3. Tes Tertulis dengan instrumen Tes Pengetahuan Akademik bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan materi pengetahuan akademik calon pegawai.

Materi yang diberikan harus sesuai dengan bidang pendidikan dan tingkat pendidikan calon pegawai.

4. Wawancara

Wawancara seleksi merupakan salah satu teknik seleksi pegawai yang dilakukan dengan cara tanya jawab langsung untuk mengetahi data pribadi calon pegawai.

      5. Tes Psikologi

Tes Psikologi diberikan oleh ahli psikologi, untuk mengungkap kemampuan potensial, minat, bakat, motivasi, emosi, kepribadian, dan kemampuan khusus lainnya yang ada pada calon pegawai.

6. Medical Check Up

Cek kesehatan yang paling terpenting meliputi:

a) Tidak buta warna

b) Tidak memiliki penyakit kronis yang dapat menghambat pekerjaan

c) Tidak terlibat narkoba

d) Pihak yang Terlibat Dalam Seleksi

7. Keputusan Seleksi

Hasil dari serangkaian seleksi yaitu kita wajib memutuskan karyawan yang layak direkrut.

OUTPUT

Keberhasilan proses rekrutmen bearti ada kesesuaian jumlah dan pegawai yg direkrut dengan yang dibutuhkan sehingga kinerja pegawai tersebut bisa sangat membantu perusahaan. Keberhasilan ini sangat ditentukan oleh cara pemilihan metode rekrutmen yang tepat, sarana dan prasarana dan pastinya didukung oleh pendanaan yang memadai.

Untuk bisa mengetahui metode yang tepat, sarana maupun prasarana yang baik untuk proses rekrutmen bisa klik pada link berikut ini (tolong sisipkan link Seleksi Pegawai #1)

#strategiseleksipegawai #strategiseleksipegawaiblud #seleksipegawai #seleksipegawaiblud #seleksiilmiah #seleksiadministrasi #seleksinonilmiah #seleksimanajamen #seleksiadministrasi #medicalcheckup