PROSES SELEKSI PEGAWAI BLUD #1

Proses Seleksi Pegawai BLUD

                Proses seleksi pegawai BLUD merupakan suatu proses :

INPUT PROSES OUTPUT

  1. INPUT

  • Tim Rekrutmen dan seleksi bagian SDM

Syarat Pembentukan Tim rekrutmen pegawai diantaranya:

  • membentuk Tim Pengadaan
    • tim diketuai oleh pejabat yang membawahi Kepegawaian
    • jumlah anggota tim maksimal 5 orang
  • Alokasi Dana

Proses perekrutan memerlukan dana sehingga sebelum perekrutan kita harus memastikan bahwa dana tersedia untuk membiayai proses perekrutan dari awal sampai selesai perekrutan.

  • Sarana & Prasarana

Tersedianya sarana & prasarana sangat dibutuhkan dalam perekrutan misalnya tersedianya media social tempat kita memposting iklan lowongan maupun tempat-tempat umum yang diizinkan untuk publikasi iklan lowongan pekerjaan.

  • SOP

sebelum melakukan perekrutan hal utama yang perlu dilakukan ialah menganalisis SOP dari bagian yang akan melakukan perekrutan agar nantinya ketika didapat pegawai pada bidang yang bersangkutan maka bisa bekerja sesuai dengan Standar Operasional yang telah ditetapkan.

  • Perencanaan Kebutuhan

Dalam perumusan perencanaan kebutuhan ini kita perlu mengetahui bidang apa saja yang memerlukan pegawai, pegawai apa yang bisa memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan dan apakah memang diperlukan pegawai baru dengan menganalisis beban kerjanya.

2. PROSES        

i. Rekrutmen
a). Sumber ada yang berasal dari Internal dan Eksternal.

Sumber Internal meliputi penempatan pekerjaan, inventarisasi keahlian, penawaran pekerjaan dan rekomendasi karyawan. sedangkan sumber eksternal meliputi Institusi Pendidikan, Iklan, Agen Pemerintah, Agen Swasta dan Perusahaan pencari tenaga eksekutif. Contohnya jika Pegawai A ingin keluar tetapi Pegawai B dibawahnya bisa menggantikan dia maka ini sumber dari Internal. Sedangkan perekrutan yang bersumber dari ekternal yaitu merekrut pegawai dari luar perusahaan.

b). Metode

Metode internal atau tertutup, yaitu pelaksanaan rekrutmen dikalangan terbatas, hanya untuk karyawan dan orang-orang tertentu saja, berdasarkan referansi Karyawan, pengumuman pekerjaan dan pengajuan Pekerjaan sehingga lamaran yang masuk tidak banyak dengan demikian akan sulit memperoleh karyawan yang baik. Berdasarkan pendapat Mondy (2008) metode rekrutmen internal antara lain referensi karyawan dan job posting / job bidding.

Metode eksternal atau terbuka, yaitu pelaksanaan rekrutmen yang diumumkan melalui iklan di media massa, agen tenaga kerja, bursa kerja, dan magang. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan banyak lamaran, sehingga kesempatan memperoleh karyawan yang baik dan andal menjadi lebih besar.

c). Kendala

Kendala yang ditemui dalam pelaksanaan seleksi diantaranya :

  • Tingkat validitas yang berbeda karena metode-metode yang digunakan tersebut memiliki tingkat validitas yang berbeda-beda.
  • Hambatan biaya yang dimiliki perusahaan karena metode-metode itu memiliki biaya yang terkadang tidak murah.
  • Tolak ukur, yaitu kesulitan untuk menentukan standar yang akan digunakan mengukur kualifikasi-kualifikasi seleksi secara objektif. Misalnya; kejujuran, kesetiaan dan prakarsa dari pelamar mengalami kesulitan. Bobot nilai yang diberikan didasarkan pada pertimbangan yang subjektif.
  • Penyeleksi, yaitu kesulitan mendapatkan penyeleksi yang tepat, jujur dan objektif penilainnya. Penyeleksi sering memberikan nilai atas pertimbangan peranannya, bukan atas dasar pikirannya saja.
  • Pelamar, yaitu kesulitan untuk mendapatkan jawaban yang jujur dari pelamar. Mereka selalu berusaha memberikan jawaban mengenai hal-hal yang baik-baik saja tentang dirinya, sedangkan yang negatif disembunyikan.

Untuk mengetahui strategi seleksi pegawai BLUD bisa klik link berikut ini (tolong sisipkan link Seleksi Pegawai #2)

#sumberrekrutmen #metoderekrutmen #metodeinternal #metodeeksternal #kendalarekrutmen #prosesseleksipegawai #prosesseleksipegawaiblud