ANALISIS JABATAN & ANALISIS BEBAN KERJA PEGAWAI BLUD BAGIAN VI

Pada artikel lalu kita telah membahas mengenai Perencanaan dan Pengadaan Pegawai BLUD , Mekanisme Pengadaan Pegawai BLUD, Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) BLUD dan cara membuat pengemumuan penerimaan pegawai BLUD. Kemudian kita akan membahas poin berikutnya seperti format penilaian kinerja.

Format Penilaian Kinerja

          Proses penyusunan form penilaian kinerja karyawan sebaiknya ditujukan untuk mengukur dua elemen penilaian, yakni : elemen perilaku atau unsur perilaku dan elemen hasil kerja. Elemen penilaian perilaku atau kompetensi merujuk pada evaluasi atas perilaku kerja bawahannya selama bekerja. Aspek perilaku atau kompetensi yang dinilai biasanya didasarkan pada beberapa jenis kompetensi manajerial (soft competency).

          Aspek kompetensi manajerial yang biasanya dinilai antara lain adalah aspek leadership (jika sudah punya bawahan), aspek inisiatif kerja, aspek komunikasi dan kerjasama team, aspek pemecahan masalah dan aspek perencanaan kerja. Biasanya contoh penilaian kinerja pada UPTD yang ada dikota saat ini sudah ada laporan per hari (apa yg dikerjakan, dimana dan berapa lama). Laporan tersebut langsung dikumpulkan ke penilai prestasi kinerja. Dan di beberapa instansi terkadang yang ada hanya berdasarkan laporan kehadiran.

          Dalam penilaian kinerja memerlukan penilaian terhadap aspek hasil kerja. Untuk melakukan penilaian tersebut perlu disusun Key Performance Indicators (KPI) pada setiap posisi yang ada di dalam perusahaan tersebut. KPI disusun dengan disertakan angka target yang jelas dan terukur. Pada setiap akhir tahun, Anda bisa melihat angka pencapaian dari KPI tersebut apakah sudah sesuai dengan target atau masih belum.

          Dari kedua penilaian baik penilaian perilaku ataupun aspek hasil kerja nantinya akan digabung untuk menemukan skor penilaian kinerja karyawan secara menyeluruh. Akan lebih baik lagi bila perusahaan melakukan semacam review atas hasil kinerja dari karyawan secara reguler apakah setiap bulan, setiap triwulan, ataupun lainnya.

Contoh form penilaian kinerja Staff Pengelolaan Pelaporan UPTD Pelabuhan

Tujuan :

  1. mutasi karyawan
  2. pengangkatan karyawan
  3. promosi jabatan
ANJAB Kemampuan yg ditargetkan BOBOT NILAI TOTAL
Melaporkan Informasi Laporan berapa kapal yg masuk 50% 50  
  Laporan dari nelayan berupa jumlah ikan 30% 30  
  Komunikasi kerja 20% 20  
         
         

Untuk melihat Analisis Jabatan & Analisis Beban Kerja poin penting dari ruang lingkup lainnya bisa dilihat pada :

Analisis Jabatan & Analisis Beban Kerja Bagian I klik disini

Analisis Jabatan & Analisis Beban Kerja Bagian II klik disini

Analisis Jabatan & Analisis Beban Kerja Bagian III klik disini

Analisis Jabatan & Analisis Beban Kerja Bagian IV klik disini

Analisis Jabatan & Analisis Beban Kerja Bagian V klik disini

Analisis Jabatan & Analisis Beban Kerja Bagian VII klik disini

#anjab #abk #anjabpejabatpengelolaBLUD #anjabBLUD #abkmanajerblud

#pegawaiBLUD #pengadaanpegawaiblud #formatpenilaiankinerja #penilaiankinerjapegawai #pengelolaansdmblud