PEMBUKUAN BAGI BENDAHARA PENGELUARAN BADAN LAYANAN UMUM

MANFAAT PENGGUNAAN SOFTWARE AKUNTANSI

Laporan keuangan marupakan kunci dari keberhasilan sebuah organisasi dalam menjalankan kegiatan operasional maupun non operasionalnya. Laporan keuangan adalah catatan mengenai informasi keuangan suatu organisasi pada suatu periode akuntansi. Karenanya, dengan melihat laporan keuangan, para pengguna laporan keuangan dapat melihat kinerja dari organisasi tersebut.

Untuk membuat laporan keuangan bukanlah hal yang mudah. Diperlukan banyak data dan informasi keuangan dan operasional organisasi. Sehingga dalam penyusunan laporan keuangan dibutuhkan waktu yang banyak. Laporan keuangan biasanya dibuat oleh seorang akuntan, tetapi kini sudah banyak organisasi baik skala besar maupun menengah yang membuat laporan keuangan dengan menggunakan software akuntansi. Dengan software akuntansi, pembuatan laporan keuangan yang biasanya membutuhkan waktu cukup lama sekarang dapat dibuat dalam hitungan detik.

Kemudahan dan kecepatan membuat laporan keuangan dengan software akuntansi menjadikan cara manual atau konvensional mulai ditinggalkan. Software akuntansi membuaktikan bahwa laporan keuangan dapat dibuat dengan cepat dan hasilnya pun akurat. Selain itu, alur atau proses akuntansi dan pembuatan laporan keuangan juga menjadi lebih sederhana.

  1. Syncore Indonesia sebagai perusahaan konsultan berbasis software, telah mengembangkan software yang dapat digunakan untuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan Social Enterprise (SE). Software tersebut telah digunakan oleh ratusan pengguna yang tersebar di Indonesia.

Kemudahan penyusunan laporan keuangan menggunakan software salah satunya adalah dalam hal menginput transaksi. Terdapat berbagai menu yang dapat diisi seperti:

  1. Pengaturan identitas organisasi
  2. Mencatat anggaran
  3. Penatausahaan (penerimaan dan pengeluaran)
  4. Mencatat transaksi khusus (hutang dan piutang)
  5. Laporan keuangan

Dengan mengisikan data ke menu-menu di atas (1 sampai 4), maka laporan keuangan otomatis tersedia di menu Laporan Keuangan. Software telah menyediakan format laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi yang diterapkan.

Berikut adalah garis besar manfaat yang didapatkan dengan menggunakan software akuntansi:

  1. Dimudahkan dalam pengerjaan laporan keuangan dalam waktu singkat.
  2. Terhindar dari kesalahan perhitungan karena faktor human error.
  3. Hanya perlu memperbaiki kesalahan input data hanya pada modul yang ditemukan kesalahan saja tanpa harus mengulang semua perhitungan dari awal lagi.
  4. Meningkatkan efisiensi pekerjaan dan produktivitas organisasi karena semua proses akuntansi sudah berjalan secara otomatis.
  5. Mendukung dalam menentukan langkah atau keputusan yang akan diambil.
  6. Menilai kinerja organisasi