Anggaran Berbasis Kinerja Rumah Sakit

Penganggaran berbasis kinerja merupakan sistem anggaran yang menghubungkan anggaran dengan hasil yang diinginkan (output dan outcome) sehingga setiap rupiah yang dikeluarkan dapat dipertanggungjawabkan kemanfaatannya (Sancoko, Bambang dkk, 2008). Penganggaran berbasis kinerja dirancang untuk menciptakan efisiensi, efektivitas dan akuntabilitas dalam pemanfaatan anggaran dengan output dan outcome yang jelas sesuai dengan prioritas rumah sakit.

Untuk mendukung sistem penganggaran berbasis kinerja yang menetapkan kinerja sebagai tujuan utamanya, diperlukan alat ukur kinerja yang jelas dan transparan. Alat ukur tersebut yakni berupa indikator kinerja. Selain itu, diperlukan adanya sasaran/target yang jelas agar kinerja dapat diukur dan dibandingkan. Setelah dapat diukur dan dibandingkan, selanjutnya dapat dinilai efisiensi dan efektivitas dari pekerjaan yang dilaksanakan serta dana yang telah dikeluarkan untuk mencapai output/kinerja yang telah ditetapkan.

Penerapan Penganggaran Berbasis Kinerja memungkinkan pengalokasian sumber daya yang terbatas untuk membiayai kegiatan prioritas RS sehingga tujuan RS dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Selanjutnya Penerapan Penganggaran Berbasis Kinerja adalah hal penting untuk menuju pelaksanaan kegiatan RS yang transparan. Dengan anggaran yang jelas, maka output juga jelas, sehingga terdapat kejelasan antara biaya dan output/hasil yang dicapai.

Penerapan penganggaran berdasarkan kinerja juga akan meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit kepada masyarakat. Selain itu, dengan diterapkannya Anggaran Berbasis Kinerja, akan mengubah fokus kebijakan prioritas RS. Dalam hal ini, rumah sakit dapat menentukan kebijakan terkait dengan efisiensi anggaran terhadap pilihan kegiatan dengan berdasarkan pada prioritas yang disusun.

Anggaran Berbasis Kinerja pada Rumah Sakit merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, kami memberikan fasilitas untuk Rumah Sakit agar dapat mengetahui lebih dalam tentang Anggaran Berbasis Kinerja.

Kami di Syncore Academy Rumah Sakit memiliki program Training Online yang dapat membantu Rumah Sakit dalam meningkatkan kapasitas SDM rumah sakit. Salah satu training yang dapat Rumah Sakit ikuti adalah Training Online Tata Kelola dan Manajemen Keuangan Rumah Sakit.

Bagaimana Cara Daftarnya?

Silakan langsung klik http://learning.co.id/daftar/tatakelolamanajemenrs

Informasi lebih lanjut tentang Training Syncore Academy dapat menghubungi 081-996-900-800 (Yunda Prilia)

Leave a Reply