KEISTIMEWAAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH

KEISTIMEWAAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH

KEISTIMEWAAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH. Badan layanan umum daerah adalah sistem yang di terapkan oleh satuan kerja perangkat daerah atau unit kerja pada satuan perangkat daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan daerah pada umumnya.

Fleksibilitas itu apa ? fleksibilitas itu memiliki keleluasaan dalam pola pengelolaan keuangan dengan menerapkan praktif bisnis yang sehat untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. Tentunya dengan landasan tanpa mencari keuntungan dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan masyarakat. Inilah mengapa BLUD itu sangat spesial dan berbeda dari SKPD lainnya dalam penerapan pola pengelolaan keuangan karena adanya fleksibilitas yang di miliki nyaa. Bisa kita bandingkan bagaimana perbedaannya contoh saja dari segi pengelolaan pendapatan .

SKPD /UNIT KERJA yang tidak menerapkan BLUD

Semua pendapatan SKPD masuk ke rekening kas daerah. Selain itu, dana tidak dapat digunakan secara langsung terutama pada SILPA. Hal ini karena harus menunggu laporan keuangan selesai di olah oleh BPK. Selain itu, APBD tidak dapat di akui sebagai pendapatan. A\

kan tetapi dari segi pemda APBD masih menjadi kewajiban yang di salurkan kepada SKPD.

SKPD Yang menerapkan BLUD

Seluruh pendapatan dari jasa layanan yang BLUD terima ini masuknyaa kerekening BLUD langsung tidak perlu ke kas daerah. Hal ini karena harus di manfaatkan tujuannya yaitu untuk meningkatkan pelayanan. SILPA tahun sebelumnya dapat di olah langsung dan di manfaatkan langsung tanpa perlu menunggu laporan Audit keluar sedangkan SKPD yang tidak menggunakan sistem BLUD wajib menunggu laporan audit. APBD dapat di akui sebagai pendapatan BLUD dan juga walaupun BLUD yang sudah memiliki fleksibiltas dalam pengelolaan keuangan akan tetapi PEMDA masih memiliki kewajiban untuk memberikan dana APBD dan bisa di akui pendapatan BLUD. Tentu dengan BLUD SKPD kita bisa menjadi overpower.

BUMD/PERUSDA

Masuk rekening  kas BUMD atau perusda ini sama juga seperti BLUD.  Rekening kas BUMD akan masuk lagi ke perusahaan karena tujuannya mencari keuntungan. Kemudian dana silpa nya dapat digunakan secara langsung akan tetapi menjadi pembedanya APBD hanya sekali dan hanya sebagai penyertaan modal saja bukan menjadi pendapatan. Sedangkan BUMD dananya tidak tergantung APBD karena tadi yaitu memang mencari keuntungan yang harus kalau tidak bisa tutup.

Penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa BLUD lah yang paling banyak memiliki keunggulan. Selain itu, harus menjadi perhatian bagi SKPD satuan kerja perangkat daerah karena dengan BLUD SKPD memiliki fleksibilitas yang menjadi keunggulannya nya. Diharapkan juga SKPD yang belum BLUD wajib untuk mencari tahu lebih tentang BLUD .