Kemudo Maju Lewat Sinergi Masyarakat, Pemerintah dan Dunia Industri

Ada banyak industri yang beroperasi di desa, dan ada banyak yang hubunganya tidak harmonis. Namun hal itu tidak terjadi di Desa Kemudo. Desa Kemudo mampu membangun sinergi saling menguntungkan dengan industri-industri yang ada di desa tersebut, melalui penguatan peran Bumdes.

Bumdes diberi kepercayaan oleh PT Sarihusada Danone untuk menjadi pengelola limbah kering pabrik. Lewat usaha tersebut, Bumdes mampu memberikan manfaat nyata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seperti yang disampaikan dalam sambutan Pak Defri Hadi sebagai Head of HR Social Relation Danone Specialized Nutrition, bahwa Sarihusada Danone memiliki Dana Sosial untuk mendukung berdiri dan berkembangnya Bumdes. Pak Defri kagum dengan Bumdes Kemudo yang dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun bisa meningkatkan aset 10 kali lipat yang awalnya sekitar 200 juta dan sekarang sudah memiliki total aset 2,1 milyar. Pihak Sarihusada tidak menyangka pendampingan Toko Desa bisa sesukses dan secepat ini. Semoga kedepannya toko desa ini bisa terus menggerakan dan meningkatkan ekonomi desa. ini bukti nyata kepedulian sosial kami terhadap desa yang ada di wilayah operasional Sarihusada.

Apresiasi juga disampaikan oleh Wakil Bupati Kabupaten Klaten Bapak Yoga Hardaya, SH.,MH. Klaten bangga memiliki desa seperti kemudo ini, bisa meningkatkan ekonomi desa meskipun di tengah pandemi dengan membentuk toko desa kamajaya mart. tapi saya yakin kemudo sehebat ini di support penuh oleh berbagai pihak seperti pemerintah desa, Sarihusada, Syncore dan lembaga lainnya. kami berharap desa kemudo ini bisa menjadi contoh dan terus menginspirasi desa-desa di Klaten.

Berita lengkap bisa disimak:https://radarsolo.jawapos.com/read/2021/05/01/258373/bumdes-kemudo-kembangkan-bisnis-ritel-jual-produk-produk-umkm-desa