SUARA MILENIAL DUSUN NGANGGRANG DESA KAMONGAN

Desa Kamongan merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Serumbung, Magelang Jawa Tengah. Lebih tepatnya di bawah lereng gunung Merapi. Desa Kamongan dikaruniai oleh Tuhan dengan kekayaan alam yang berlimpah. Air jernih yang terus mengalir, area pesawahan dan perkebunan yang cukup luas menjadi asset  yang sangat berharga. 

Sejak diberlakukannya Undang-Undang  No 6 tahun 2014 tentang desa dan Permendes No 4 tahun 2015, menjadi titik terang  pemerintah desa untuk mengelola  kekayaannya sendiri. Pemerintah Desa pun langsung  menyikapi dengan positif dengan mendirikan BUMDes. setidaknya ada dua unit usaha yang telah didirikan BUMDes desa Kamongan hingga saat ini yaitu Pasar Desa dan Unit usaha simpan pinjam. Selain BUMDes, pemerintah desa Kamongan juga  melihat  potensi milenial yang beraneka ragam. Oleh karenanya, pemerintah desa menjadikan  Karang Taruna menjadi wadah tempat generasi milenial desa Kamongan berkarya. Akan tetapi, suara milenial ini masih membutuhkan pendampingan dan dukuangan penuh dari pemerintah desa. Mereka memiliki kreatifitas dan inovasi untuk menciptakan peluang usaha di desa Kamongan.

Seperti misalnya yang di kemukakan oleh milenial dusun Nganggrang, mereka ingin menciptakan desa wisata  mina padi dengan nama wisata “MBOK NGANGGRANG”. Konsep yang akan dibuat oleh milenial dusun Ngangrang desa Kamongan ini yaitu;

  1. Membuat  mina padi ikan nila Mbok Nganggrang

Ikan nila yang beraneka ragam warnanya akan di kembangan di area pesawahan dusun Nganggrang. Semua hasil panen ikan nila tidak akan dijual ke pengepul, tetapi di pasarkan sendiri ke pasar desa dan luar desa. Setelah itu, mereka akan bekerja  sama dengan ibu-ibu PKK untuk membuat olahan ikan nila seperti abon nila, kripik ikan nila, dan olahan lainnya.

  • Membuat saung pelangi Mbok Nganggrang

Saung  pelangi ini merupakan rumah makan di tengan pesawahan  dengan menu olahan ikan nila. Saung pelangi ini konsepnya saung tradisional namun dibalut dengan kain berbagai warna sehingga seperti pelangi. Kemudian yang menjadi ciri khasnya juga, saung pelangi ini akan menggunakan obor elektrik sehingga bisa buka hingga malam hari.

  • Bakul Nganggrang

Bakul Nganggrang ini merupakan paket wisata yang di sediakan oleh wisata Mbok Nganggrang. Selama satu hari, dari pagi pengunjung  akan di ikutkan untuk menangkap ikan nila dengan cara tradisional, kemudian hasil tangkapan tadi akan dioleh. Olahan ikan nila tadi akan disajikan dalam bakul anyaman bambu dan di makan di tengah pematang sawah.

  • Wide Angle Mbok Nganggrang

Wide Angle Mbok Nganggrang ini merupakan spot foto yang instagramable. Menyajiakn spot foto keindahan pesawahan dusun Nganggrang.

Konsep tersebut tentunya sangat memerlukan dorongan dan dukungan dari pemerintah desa dan masyarakat, sehingga dapat tercipta desa wisata  yang saat ini sangat dicari orang-orang.